InvesYuk

Sesuaikan Dengan Tujuan Sebelum Memutuskan Investasi di P2P

Sesuaikan Dengan Tujuan Sebelum Memutuskan Investasi di P2P

MOMSMONEY.ID -  Sama  seperti investasi lainnya, sebelum memutuskan investasi Peer to Peer (P2P) Lending, Anda harus menyesuaikan dengan tujuan keuangan.

Nah, pada P2P ada banyak pilihan jangka waktu meminjam. Ada investasi dalam jangka waktu satu hingga tiga bulan sudah bisa diambil, ada pula yang baru diambil setelah satu tahun ditanamkan. 

Erlina Juwita, perencana keuangan OneShildt menyarankan dalam menginvestasikan dana sebaiknya Anda menyesuaikan waktu pinjaman dengan kebutuhan. Misalnya, investasi untuk liburan enam bulan mendatang, maka pilin yang jangka waktunya sekitar enam bulan. 

Baca Juga: P2P Cocok untuk Pemula Hingga Profesional

Namun tetap perlu diingat tetap pilih perusahaan yang memberikan jaminan maksimal ketika gagal bayar. Hal ini penting, agar Anda mendapatkan dana pada saat dibutuhkan sesuai tujuan keuangan.  

“Ada P2P yang bisa mengcover hingga 99%, tetapi ada yang di bawah 50%. Selain sesuaikan jangka waktu, pilih juga yang bisa menjamin maksimal,” kata Erlina. 

Sementara itu Mike Rini, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi mengatakan wahana investasi ini cocok bagi yang butuh passive income.

"Cocok untuk yang mau uangnya sekarang. Kalau  investasi saham kan harus menunggu beberapa lama untuk mendapatkan keuntungan," kata Mike. 

Misalnya saja bunga yang ditawarkan 18% per tahun. Maka, imbal hasil sebulan sekitar 1,5% dan bisa diterima bulanan.       

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News