ads

Sesuaikan Asuransi Kesehatan Tambahan Dengan Kebutuhan

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Senin, 25 Juli 2022 | 11:05 WIB
Sesuaikan Asuransi Kesehatan Tambahan Dengan Kebutuhan


MOMSMONEY.ID -Sakit itu mahal. Pameo lawas itu, tampaknya, masih berlaku bagi sebagian masyarakat di negeri ini. Apalagi, bagi mereka yang tidak memiliki asuransi kesehatan.

Memang, pemerintah telah melindungi rakyatnya dengan program BPJS Kesehatan. Namun, untuk beberapa orang, layanan tersebut belum cukup untuk memproteksi kesehatannya.

Yang jadi pertanyaan, perlukah kita memiliki asuransi tambahan di luar manfaat program BPJS Kesehatan? Sebenarnya, jika Anda sudah merasa cukup dengan layanan BPJS Kesehatan, tidak masalah untuk tidak menambah asuransi.

Pasalnya, BPJS Kesehatan sudah mengkaver rawat jalan dan rawat inap yang sesuai dengan layanan standar.

Toh, kondisi sekarang ini yang penting adalah proteksi kesehatan. Kalau yang standar saja cukup, buat apa mencari yang lebih. Jangan sampai ingin mencapai proteksi yang lebih tetapi harus mengorbankan kebutuhan sehari-hari.

Momsmoney bpjsBaca Juga: Memanfaatkan BPJS Kesehatan: Lebih Cocok untuk Rawat Inap atau Rawat Jalan?

 Itu sebabnya, jika ingin membeli asuransi swasta atau yang di luar BPJS Kesehatan, poin penting adalah memperhatikan arus kas kita. Baru kemudian, menentukan berapa besaran premi yang kita sanggupi.

Premi bisa dipilih yang per bulan maupun per tahun. Ada pula yang mengkover keluarga atau hanya kita sendiri.

"Pilih yang sesuai dengan bujet kita dan cash flow kita. Serta sesuaiai dengan kebutuhan kita," pesan Erlina Juwita, perencana keuangan Oneshildt Financial Independence. 

Apabila memang kondisi cash flow sudah sangat baik, tidak ada salahnya pilih asuransi yang manfaatnya tinggi. Justru hal ini disarankan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru
TERPOPULER