HOME, Keluarga

Sertifikat Vaksin Belum Muncul di PeduliLindungi, Lakukan Hal Ini

Sertifikat Vaksin Belum Muncul di PeduliLindungi, Lakukan Hal Ini

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Sertifikat vaksin menjadi salah satu hal yang dibutuhkan saat ini. Pasalnya, sertifikat vaksin diperlukan sebagai syarat perjalanan atau untuk memasuki berbagai tempat publik.

Nah, sertifikat vaksin ini pun bisa diperiksa di situs pedulilindungi.id atau di aplikasi PeduliLindungi yang bisa diunduh di Play Store atau App Store.

Lalu, seperti apa bila Anda tak kunjung mendapatkan sertifikat tetapi sudah divaksinsasi?

Baca Juga: 32,8 Juta Orang Sudah Mengunduh PeduliLindungi, Apakah Anda Salah Satunya?

Mengutip dari situs Kementerian Kesehatan, apabila masyarakat menghadapi kendala baik dari sisi kesalahan data atau belum mendapatkan sertifikat vaksin, maka bisa menyampikan kendala yang dihadapi melalui email sertifikat@pedulilindungi.id.

"Proses perbaikan dapat dilakukan dengan mudah melalui email sertifikat@pedulilindungi.id,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Widyawati dalam keterangan tertulis.

Format email tersebut yakni dengan mencantumkan nama lengkap, NIK KTP, tempat tanggal lahir, nomor handphone serta melampirkan foto dan kartu vaksinasi.

Supaya keluhan yang disampaikan bisa langsung diproses, pengguna bisa langsung menyampaikan biodata lengkap, foto selfie demhan KTP dan menjelaskan keluhannya.
 
Perlu diingat, sertifikat vaksin tidak perlu dicetak. Ini bertujuan untuk melindungi data pribadi, mengingat sertifikat tersebut menyimpan data pribadi mulaid dari nomor KTP, QR code dan data pribadi lainnya. Masyarakat saat ini hanya perlu menggunakan sertifikat di PeduliLindungi sebagai bukti telah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Selanjutnya: 1,19 juta Vaksin Prizer tiba, Indonesia Telah Amankan 220 juta Dosis Vaksin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News