Keluarga

Sering Tidur Kurang dari 6 Jam? Hati-hati Ini Dampak Negatifnya!

Sering Tidur Kurang dari 6 Jam? Hati-hati Ini Dampak Negatifnya!

MOMSMONEY.ID -  Ternyata memiliki waktu tidur malam kurang dari 6 jam memiliki dampak negatif bagi tubuh Anda. Cari tahu apa saja dampak negatif bagi tubuh Anda dan hindari memiliki waktu tidur yang kurang.

Centers for Disease Control and Prevention menyarankan waktu yang baik untuk tidur malam minimal 7 jam. Waktu tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan badan dan mental Anda lo!

Jika Anda tidur kurang dari 6 jam, ini yang akan terjadi pada tubuh Anda.  Berdasarkan Klinik Cleveland, kurang tidur adalah masalah umum. Mempengaruhi 50-70 juta orang dewasa di Amerika Serikat pada waktu tertentu.

Baca Juga: Harga Bitcoin dan Mata Uang Kripto Lain Menghijau, Ethereum Melonjak 10%

Bila Anda tidak memiliki tidur yang cukup, konsekuensinya Anda akan mengalami masalah kesehatan yang beragam bahkan bisa parah. Melansir Best Life, saat jam tidur kurang dari waktu yang disarankan Anda memiliki risiko lebih tinggi terhadap kematian. 

Ini dampak negatif bagi tubuh Anda bila tidur kurang dari 6 jam

Anda akan memiliki masalah jantung

Tidur dalam waktu kurang dari yang direkomendasikan bisa menimbulkan gejala ringan hingga berat. Dan gejala kardiovaskular jantung bisa menjadi yang paling berbahaya. 

Kurang tidur mengakibatkan peningkatan aktivitas sistem saraf simpatik, yang menyebabkan peningkatan detak jantung, vasokonstriksi dan peningkatan tekanan darah. Kurang tidur dapat memberikan dampak negatif terpapar risiko lebih tinggi terkena hipertensi serta penyakit kardiovaskular seperti stroke, jantung koroner dan infark miokard.

Anda akan mengalami gangguan hormonal

Saat Anda tidur kurang dari 6 jam, hormon Anda menjadi tidak seimbang. Tidur selama 7-9 jam per malam sangat direkomendasikan karena sangat penting untuk mengatur keseimbangan hormon tubuh. Kurang tidur dapat mengganggu produksi hormon normal seperti kortisol, insulin dan hormon pertumbuhan. 
Secara tidak langsung, kurang tidur berkontribusi pada disregulasi hormon yang menyebabkan rasa lapar. Sehingga kurang tidur dapat memberikan efek negatif seperti masalah obesitas yang merupakan faktor risiko kuat untuk penyakit kardiovaskular. 

Anda akan menderita peningkatan masalah mental

Tidur kurang dari 6 jam juga bisa berdampak negatif pada kesehatan mental. Secara khusus, kurang tidur telah dikaitkan dengan tingginya insiden kecemasan, depresi dan gangguan suasana hati lainnya. 

Kurang tidur dapat meningkatkan kerentanan gangguan kejiwaan seperti bipolar dan skizofernia. Apalagi tidur berperan penting dalam mengkonsolidasi memori, pengaturan emosi dan fungsi kognitif. 

Tidur kurang dari 6 jam per malam secara teratur dapat menyebabkan perubahan suasana hati, lekas marah dan penurunan motivasi.

Sistem imun menjadi lemah

Tidur sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga tidur kurang dari 6 jam dapat menyebabkan lebih sering sakit. 

Selama tidur, tubuh memproduksi sitokin, sejenis protein yang membantu melawan infeksi, peradangan dan stres. Kurang tidur dapat menurunkan produksi sitokin yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika anda memangkas jam tidur bahkan untuk beberapa malam, Anda akan menghasilkan respons kekebalan yang berkurang. Bahkan jika Anda mengganti waktu tidur Anda yang hilang nanti. 

Membatasi tidur hingga 4 jam per malam selama 6 hari, diikuti dengan tidur selama 12 jam per malam selama 7 hari, menghasilkan penurunan lebih dari 50% produksi antibodi terhadap influenza. 

Baca Juga: Sering Mengantuk saat Berpuasa? Kenali Penyebabnya Moms

Demikian informasi mengenai dampak negatif bagi tubuh Anda jika tidur kurang dari 6 jam per malam. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News