HOME, Bugar

Sering Nyeri Saat Haid? Begini Cara Mengatasinya

Sering Nyeri Saat Haid? Begini Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Moms sering mengalami nyeri saat haid atau menstruasi? Rasanya nggak nyaman ya, apalagi jika darah haid sedang deras-derasnya atau sedang banyak kegiatan.

Jangan khawatir Moms, nyeri saat haid itu sebenarnya normal, kok. Hampir semua perempuan pernah mengalami nyeri saat haid. Biasanya, rasa nyeri juga terjadi selama haid hari pertama sampai kedua. Jadi, rasa sakitnya nggak sepanjang waktu, kok.

Tapi, kalau rasa nyeri saat haid sudah tidak tertahankan, apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasinya?

Dilansir dari Healthline dan National Health Service Inggris, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi nyeri haid.

Gunakan botol air panas atau heating pad

Menggunakan botol yang diisi air panas sebagai kompres bisa membantu mengatasi nyeri haid lo, Moms.

Supaya panas dari botol tidak membakar atau mengiritasi kulit, lapisi botolnya dengan kain sebelum ditempelkan ke perut. Atau, moms bisa menempelkan botol tersebut di baju bagian perut supaya tidak bersentuhan langsung dengan kulit.

Jika Moms tidak mau repot-repot merebus air panas dan mengisi botol, moms bisa menggunakan heating pad yang sekarang banyak tersedia di pasaran.

Mirip dengan koyo, heating pad berfungsi untuk melepaskan panas ketika ditempelkan ke area tubuh yang menjadi sasaran, sehingga bisa mengatasi nyeri haid.

Minum obat pereda nyeri

Moms bisa juga meminum obat pereda nyeri untuk membantu meredakan nyeri saat haid.

Saat ini, sudah banyak obat pereda nyeri yang tersedia di apotek. Misalnya ibuprofen, aspirin, dan paracetamol.

Namun, jika moms memilih untuk meminum obat, ikuti petunjuk dosis yang disarankan, ya. Jangan sampai obat yang dikonsumsi berakibat buruk pada tubuh moms gara-gara sembarangan meminumnya.

Lakukan pemijatan ringan

Pijatan ringan ternyata bisa membantu meringankan nyeri, moms. Pemijatan bisa dilakukan pada area yang terasa nyeri saat haid, seperti bagian bawah perut, punggung, atau paha.

Sebuah penelitian dari National Center for Biotechnology Information di Amerika Serikat menyebutkan, bahwa pijatan dapat membantu membuat tubuh rileks sehingga meringankan nyeri haid.

Berolahraga ringan

Kalau sedang merasakan nyeri saat haid, rasanya jadi malas beraktivitas ya, moms. Namun, olahraga ternyata bisa membantu meringankan rasa nyeri, lo.

Tidak perlu olahraga berat, moms cukup melakukan olahraga ringan yang intensitasnya rendah. Contohnya, moms bisa berjalan-jalan, melakukan yoga, atau peregangan tubuh ringan.

Selain 4 cara di atas, ada beberapa cara lain yang bisa Moms lakukan untuk meredakan nyeri, seperti mandi air hangat, banyak minum air, atau makan makanan yang bergizi.

Semoga tips-tips tadi bisa bermanfaat ya, Moms!

Selanjutnya: Biar Tidak Stres, Ini Dia Rekomendasi 5 Lagu Melewati Hari-Hari Selama PPKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News