Bugar

Sering Nyeri Leher, Kenali Gejala Kanker Tiroid yang Perlu Diwaspadai

Sering Nyeri Leher, Kenali Gejala Kanker Tiroid yang Perlu Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa gejala kanker tiroid yang perlu diwaspadai, agar bisa mengatasinya dengan tepat.

Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar dalam tubuh yang berbentuk kupu-kupu. 

Kelenjar tiroid memiliki fungsi untuk menghasilkan hormon yang membantu proses metabolisme dalam tubuh, dilansir dari Mayo Clinic.

Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan kelenjar tiroid agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Salah satu penyakit yang bisa dialami oleh kelenjar tiroid adalah kanker tiroid.    

Selain itu, jika Anda sering terpapar oleh zat kimia atau paparan radiasi secara terus menerus, Anda juga berisiko tinggi mengalami penyakit ini.  

Untuk itu, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan dini kesehatan secara menyeluruh untuk mendeteksi adanya risiko kanker tiroid.  

Dirangkum dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, inilah beberapa gejala kanker tiroid yang perlu diwaspadai, antara lain: 

Baca Juga: Bukan Hanya Penyakit Alzheimer, Inilah 5 Penyebab Sering Lupa yang Harus Diwaspadai

1. Perubahan suara

Gejala kanker tiroid yang perlu Anda waspadai pertama adalah perubahan suara. Kanker tiroid juga dapat menyebabkan pengidapnya mengalami perubahan suara. 

Suara akan menjadi serak dan lebih berat dibandingkan biasanya. Kondisi ini akan terlihat semakin memburuk seiring berjalannya waktu.   

2. Nyeri leher

Gejala kanker tiroid yang perlu Anda waspadai kedua adalah nyeri leher. Jika Anda mengalami nyeri leher yang tidak membaik sebaiknya jangan abaikan kondisi ini. 

Nyeri leher bisa menjadi salah satu gejala kanker tiroid. Nyeri yang dialami biasanya akan terasa sampai ke bagian telinga.  

Baca Juga: Bisa Cegah Kerusakan, Ini 4 Manfaat Ceramide untuk Kulit

3. Kesulitan bernapas

Gejala kanker tiroid yang perlu Anda waspadai ketiga adlah kesulitan bernapas. Selain kesulitan menelan, pengidap kanker tiroid juga dapat mengalami kesulitan bernapas. 

Segera tanyakan langsung pada dokter jika Anda, keluarga, atau kerabat dekat mengalami beberapa keluhan terkait dengan gejala kanker tiroid.  

4. Benjolan di sekitar leher

Gejala kanker tiroid yang perlu Anda waspadai keempat adalah adanya benjolan di sekitar leher. Benjolan ini terasa keras, sulit digerakkan, tidak nyeri, namun semakin membesar.   

Sebaiknya waspada jika Anda menemukan adanya benjolan atau pembengkakan yang tidak membaik di depan leher. 

Baca Juga: Simak Yuk! Inilah 5 Gejala Penyakit Hipertensi yang Perlu Anda Waspadai

5. Kesulitan menelan

Gejala kanker tiroid yang perlu Anda waspadai terakhir adalah sulit menelan. Penyakit kelenjar tiroid, terutama yang tidak ditangani dengan tepat atau sudah parah. 

Hal ini bisa berisiko menimbulkan berbagai komplikasi yang berbahaya, seperti krisis tiroid, koma miksedema, hingga gangguan irama jantung atau aritmia.  

Jikaa Anda mengalami gejala penyakit kelenjar tiroid seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Itulah beberapa gejala kanker tiroid yang perlu diwaspadai agar bisa mengatasinya dengan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News