HOME, Santai

Sering Muncul pada Pria, Ini Penyebab Umum Munculnya Ketombe! Cari Tahu Yuk!

Sering Muncul pada Pria, Ini Penyebab Umum Munculnya Ketombe! Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Ketombe adalah salah satu permasalahan yang mengganggu penampilan pada area rambut, tepatnya pada daerah kulit kepala.

Tak perlu khawatir, permasalahan ketombe bukanlah sebuah permasalahan yang berat dan berbahaya. Hanya saja ketombe dapat menyebabkan rasa gatal yang mengganggu.

Ketombe diakibatkan oleh kulit kepala yang gatal dan membuatnya mengelupas. Hingga kemudian muncul serpihan-serpihan berwarna putih. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa penyebab rambut berketombe.

Baca Juga: 7 Serial Terbaru Netflix akan Tayang Minggu Ini, Jangan Sampai Ketinggalan!

Jarang membersihkan rambut

Kebiasaan membersihkan rambut dengan shampoo harus dibiasakan setidaknya dua kali seminggu agar kulit kepala tetap bersih dan terhindar dari ketombe. Kondisi kulit kepala yang kurang bersih bisa menyebakan gatal dan kemudian muncul ketombe.

Namun, perlu diingat untuk tidak terlalu sering mencuci rambut agar minyak alami pada kulit kepala tidak hilang dan membuat kulit kepala menjadi kering. Hal tersebut tentunya bisa memperparah munculnya ketombe di kulit kepala.

Kulit kepala kering

Penyebab ini adalah penyebab utama munculnya ketombe. Kurangnya nutrisi kelembapan pada kulit kepala membuat kulit kepala menjadi kering. Laman Everyday Health juga menjelaskan bahwa cuaca yang dingin bisa menjadi faktor yang membuat kulit kepala menjadi kering.

Biasanya bentuk dari ketombe ini kering dan kecil-kecil. Ketika dipegang pun tidak akan terasa berminyak sebab kulit kepala kekurangan kelembapannya.

Baca Juga: Spiderhead dan 4 Film Terbaru Netflix Tayang Minggu Ini, Berikut Jadwalnya!

Jamur

Kulit kepala juga bisa memiliki jamur dan biasanya akan muncul pada kulit kepala yang terlalu banyak memproduksi minyak. Jamur pada kulit kepala dapat mudah berkembang biak karena minyak.

Laman Mayo Clinic menjelaskan bahwa ketombe yang disebabkan jamur biasanya akan lebih sering muncul pada orang dewasa dibandingkan dengan anak-anak.

Maka dari itu biasanya orang-orang dengan kulit berminyak lebih rentan untuk memiliki ketombe. Sebab minyak pada rambut merupakan makanan bagi jamur. Tingginya produksi minyak alami pada kulit kepala dapat membuat muncul ketombe yang berasal dari sisa kulit mati pada kepala.

Produk perawatan rambut

Menggunakan produk perawatan rambut yang salah juga menjadi penyebab munculnya ketombe. Kulit kepala akan merespon beberapa zat yang terlalu keras atau tidak cocok dengan munculnya ketombe.

Terlalu banyak menggunakan produk perawatan rambut dan alat alat untuk menata rambut juga menjadi faktor munculnya ketombe. Karena kulit biasanya akan menjadi kering dan membuat kulit kepala gatal dan muncul ketombe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News