HOME, Bugar

Sering Mimisan, Bisa Jadi Anda Mengalami Gejala dari 4 Penyakit Ini

Sering Mimisan, Bisa Jadi Anda Mengalami Gejala dari 4 Penyakit Ini

MOMSMONEY.ID - Mimisan atau epistaksis adalah kondisi saat pembuluh darah permukaan hidung berdarah. Meskipun mimisan jarang menimbulkan kekhawatiran, namun mimisan bisa mengancam jiwa dalam kasus yang serius.

Untuk itu, penting mengetahui penyebab dasar dari mimisan. Mimisan biasanya disebabkan oleh trauma lokal, tapi juga bisa terjadi akibat infeksi hidung atau sinus, menghirup udara kering dalam waktu lama.

Mimisan secara spontan cukup umum terjadi pada anak-anak. Hidung penuh dengan pembuluh darah, sehingga cedera ringan pada wajah bisa menyebabkan hidung mengeluarkan darah.

Namun jika mimisan tersebut sering terjadi dan datang tiba-tiba tanpa disertai gejala sakit sebelumnya. Maka hal itu perlu diwaspadai, sebab bisa menjadi tanda dari penyakit mematikan yang bisa saja dialami.

Adapun 5 penyakit mematikan yang ditandai dengan mimisan adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Mimisan yang Kerap Terjadi Tiba-Tiba

1. Leukimia

Leukemia atau dikenal dengan kanker darah, merupakan kanker yang menyerang sel-sel darah putih (leukosit) dalam tubuh. Kanker ini berawal dari sumsum tulang yang menimbulkan produksi  sel-sel darah putih secara abnormal. 

Gejala leukemia antara lain kelelahan, kelemahan, pusing, sakit kepala, sesak napas, kulit pucat, demam, mudah memar atau berdarah, mudah mimisan, gusi rentan berdarah, nyeri pada sendi atau tulang, dan pembengkakan di perut.

2. Hemofilia

Hemofilia adalah penyakit yang berhubungan dengan gangguan yang menghambat pembekuan darah karena kekurangan faktor pembekuan darah.

Akibatnya, perdarahan akan sulit berhenti pada penderita hemofilia. Terdapat beberapa jenis hemofilia dan kebanyakan dipengaruhi faktor genetik.

Gejala yang muncul pada hemofilia bervariasi, tergantung seberapa kurangnya faktor pembekuan di dalam tubuh penderitanya.

Jika faktor pembekuannya sangat rendah, penderita berpotensi mengalami perdarahan spontan tanpa intervensi secara sengaja seperti membuat perlukaan.

3. Tumor 

Pada beberapa kasus perdarahan dari rongga hidung atau mulut dapat terkait dengan adanya tumor. Tumor adalah petumbuhan sel yang abnormal pada tubuh manusia.

Massa tersebut biasanya kaya akan pembuluh darah yang rapuh sehingga dapat berdarah. Beberapa tumor yang dapat menyebabkan keluhan mimisan adalah tumor daerah hidung dan tumor daerah nasofaring.

Baca Juga: Mengenal Macam-Macam Batuk, Agar Tepat Pengobatannya

4. Karsinoma nasofaring

Karsinoma nasofaring adalah kanker yang terjadi pada nasofaring, yang terletak di bagian atas faring (tenggorokan), tepatnya di belakang hidung.

Karsinoma sel skuamosa atau squamous cell carcinoma (SCC) adalah jenis kanker yang paling umum di daerah ini, yang timbul dari jaringan lapisan hidung.

Mimisan berulang adalah gejala umum dari karsinoma nasofaring. Kanker ini tak hanya menyebabkan mimisan, tapi juga menyebabkan ingus yang keluar selalu mengandung bercak darah.

5. Limfoma

Limfoma berkembang pada limfosit (tipe sel darah putih) yang melawan infeksi. Oleh karena itu, limfosit yang abnormal dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Hal ini akan mengurangi ketahanan terhadap faktor berbahaya dari luar. Penyakit hodgkin limfoma dan non-hodgkin limfoma (NHL) adalah dua jenis utama limfoma.

Itulah penyakit yang ditandai dengan mimisan. Jika kamu mengalami secara spontan atau sering terjadi, tanyakan pada dokter.

Selanjutnya: Penyebab dan Gejala Penyakit Batuk Berdarah yang Harus Diwaspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News