HOME, Bugar

Sering Migrain? Lakukan Tips Ini untuk Mengatasinya

Sering Migrain? Lakukan Tips Ini untuk Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Migrain bisa membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Untungnya, ada banyak pilihan obat untuk migrain yang mampu meredakan gejala sejak serangan dimulai.

Namun, cara mengatasi migrain tidak melulu harus mengandalkan obat. Ada cara alami yang efektif dan bisa Anda coba untuk menghilangkan serangan dan gejala migrain. 

Mungkin beberapa cara ini bisa mengatasi sakit kepala migrain, baik sebelah kanan maupun kiri, yang Anda alami.

Baca Juga: 5 Obat Alami Ini Ampuh Meredakan Migrain Selama Berpuasa

Dilansir dari Health Focus, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi migrain yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

1. Kompres dingin atau hangat

Tips mengatasi migrain yang pertama adalah kompres kepala dengan air dingin atau hangat. Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat memberikan khasiat yang serupa.

Sebagian orang lebih suka menempelkan kantung berisi es di dahi atau di belakang leher untuk mengurangi rasa nyeri saat migrain.

Jika Anda merasa kurang nyaman dengan kompres dingin, Anda bisa menggantinya dengan kompres hangat.

2. Meditasi atau yoga

Tips mengatasi migrain yang kedua adalah melakukan meditasi atau yoga. Meditasi dengan cara duduk di tempat tenang dan memusatkan pikiran pada pernapasan dapat meringankan nyeri.

Selain meditasi, Anda juga dapat melakukan yoga untuk mengatasi keparahan migrain dan menurunkan risiko kambuhnya migrain.

3. Relaksasi dan tidur

Tips mengatasi migrain yang ketiga adalah melakukan relaksasi sebelum tidur. Ketika mengalami migrain, seseorang menjadi lebih sensitif terhadap suara dan cahaya.

Menghentikan aktivitas dan beristirahat di dalam ruangan yang hening dan gelap dapat meringankan gejala migrain.

Baca Juga: Inilah 5 Makanan yang Baik untuk Penderita Migrain

4. Kafein

Tips mengatasi migrain yang keempat adalah mengonsumsi kafein. Dalam jumlah sedikit, kafein dapat mengurangi nyeri, termasuk akibat migrain.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein. Konsumsi kafein berlebihan justru malah menimbulkan sakit kepala setelah efeknya mulai menghilang.

5. Pijat

Tips mengatasi migrain yang terakhir adalah melakukan pemijatan di area yang sakit. Memberikan pijatan lembut pada area dahi dapat melancarkan aliran darah dan membantu relaksasi.

Namun, karena serangan migrain dapat menyebabkan penderitanya menjadi sangat sensitif terhadap sentuhan, cara ini mungkin dirasakan kurang cocok oleh sebagian orang.

Itulah beberapa tips mengatasi migrain yang bisa Anda lakukan dan sebaiknya hindari makanan yang malah menyebabkan migrain semakin parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News