Keluarga

Sering Menangis? Ini 7 Cara Mudah Mengatasi Mata Sembap Setelah Menangis

Sering Menangis? Ini 7 Cara Mudah Mengatasi Mata Sembap Setelah Menangis

MOMSMONEY.ID - Berikut 7 cara mudah mengatasi mata sembap setelah menangis.

Mata selalu menghasilkan air mata dalam jumlah tertentu. Berasal dari kelenjar lakrimal, air mata bermanfaat untuk melindungi permukaan mata dan membantu menghilangkan kotoran dari mata.

Ketika seseorang menangis karena emosi, ia dapat menghasilkan lebih banyak air mata daripada yang bisa diatasi oleh sistem drainase lakrimal. Akibatnya, air mata akan keluar dari mata dan terkadang hidung. Jaringan di sekitar mata kemudian dapat menyerap kembali air mata dan membuat kelopak mata tampak sembap atau bengkak.

Jika akhir-akhir ini Anda sering menangis dan tidak ingin orang lain mengetahuinya, cobalah 7 cara mudah mengatasi mata sembap setelah menangis yang dilansir dari Healthline dan Medical News Today ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Seks untuk Kesehatan Mental, Bisa Meningkatkan Kepercayaan Diri Lho

1. Oleskan kompres dingin

Cara pertama untuk mengatasi mata sembap setelah menangis adalah mengoleskan kompres dingin. Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dengan mengurangi aliran darah.

Ambilah kain lap bersih dan basahi dengan air dingin. Kemudian, oleskan kain lap tersebut secara lembut ke bagian bawah dan sekitar mata selama beberapa menit.

Jika Anda menggunakan kompres dingin yang beku, pastikan untuk membungkusnya terlebih dahulu dengan handuk bersih dan kering sebelum digunakan alih-alih mengoleskannya langsung ke kulit.

2. Pakai eye roller

Ada berbagai pilihan eye roller di pasaran yang dapat membantu mengurangi mata sembap dan lingkaran hitam sekaligus menawarkan manfaat anti-aging.

Umumnya, elemen utama eye roller terbuat dari logam dan bisa Anda padukan dengan eye cooling gel untuk memberikan efek sejuk.

Jika Anda kurang tidur atau telah menghabiskan banyak waktu untuk menangis, pertimbangkanlah untuk menggunakan alat kecantikan ini guna memberikan pijatan mini di area bawah mata yang membantu meningkatkan sirkulasi.

3. Gunakan irisan mentimun

Menerapkan irisan mentimun dapat membantu mengurangi tampilan mata yang sembap setelah menangis.

Berkat kandungan airnya yang tinggi, mentimun mampu menghidrasi kulit dan mengurangi pembengkakan sama halnya dengan kompres dingin.

Plus, mentimun memiliki aktivitas anti-inflamasi dan antioksidan serta mengandung vitamin K yang bermanfaat untuk membantu mengurangi lingkaran hitam di bagian bawah mata.

4. Terapkan kantong teh

Teh mengandung kafein dan tanin alami. Tanin dapat bekerja sebagai zat yang menyempitkan jaringan tubuh.

Sementara itu, kafein dapat menembus penghalang kulit, memiliki sifat antioksidan yang kuat, serta mampu meningkatkan sirkulasi darah di kulit.

Rendamlah kantong teh celup apapun ke dalam air hangat lalu dinginkan kantong teh di lemari es sebentar. Setelah dingin, terapkan kantong teh di setiap mata dan diamkan selama beberapa menit.

Baca Juga: Mau Kulit Sehat dan Awet Muda? Ini 5 Teh Anti-Aging yang Bisa Anda Coba

5. Oleskan witch hazel

Selain mampu membantu mengatasi peradangan dan kemerahan, witch hazel juga tergolong baik untuk mengobati mata yang sembap setelah menangis.

Caranya, basahi kapas dengan sedikit minyak witch hazel lalu tekan-tekan kapas yang sudah basah tersebut ke pipi bagian atas alih-alih kelopak mata bawah.

Namun, selalu ingat untuk membaca label produk terlebih dahulu guna memeriksa apakah produk tersebut aman digunakan di dekat mata.

6. Aplikasikan face cream atau eye cream

Tidak sedikit produk face cream dan eye cream yang dapat membantu mengatasi mata sembap, mendinginkan area mata, dan menyempitkan pembuluh darah.

Adapun beberapa kandungan face cream atau eye cream yang bisa membantu mengurangi tampilan mata sembap setelah menangis di antaranya retinol, vitamin C, phenylephrine, dan hyaluronic acid.

Satu studi menunjukkan bahwa penggunaan eye cream topikal yang mengandung karbohidrat kompleks dan ekstrak alami dapat memperbaiki bengkak di sekitar mata.

7. Pijat area sekitar mata

Pijat dapat meningkatkan aliran darah ke area mata yang sembap. Saat memijat, tekanan dari jari-jari Anda akan membantu memindahkan cairan yang terperangkap di kelopak mata.

Gunakan ujung jari Anda untuk membuat gerakan mengetuk atau menyapu di sekitar kontur atas dan bawah mata Anda. Hindari menyeret atau menarik area mata karena bisa membuatnya terlihat lebih tua.

Guna memudahkan jari-jari Anda meluncur di atas kulit, Anda dapat menggunakan eye cream yang lembut. Pijatlah mata Anda selama beberapa menit. Jika muncul rasa sakit atau iritasi, segera hentikan.

Demikian 7 cara mudah mengatasi mata sembap setelah menangis. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News