Keluarga

Sering Melewatkan Makan Sahur? Intip 6 Fungsi Sahur dalam Puasa Ramadan

Sering Melewatkan Makan Sahur? Intip 6 Fungsi Sahur dalam Puasa Ramadan

MOMSMONEY.ID - Sering melewatkan waktu sahur karena bangun kesiangan? Coba simak beberapa fungsi sahur yang wajib Anda ketahui agar tak lagi melewatkan sahur sebelum berpuasa sehari penuh.

Sahur merupakan pengawal puasa. Apabila dalam sehari Anda melewatkan sahur, itu artinya Anda membuat perut dalam keadaan kosong jauh lebih lama daripada waktu puasa dalam sehari.

Salah satu keutamaan sahur juga terdapat dari sebuah Hadis yang artinya: “Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur terdapat keberkahan,” (HR Bukhari).

Langsung saja mari simak sederet manfaat sahur yang dilansir dari Oman Observer, Islamweb.net, dan Mahkota Medical, berikut ini.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Biskuit Kaleng Khas Lebaran untuk Parsel Hari Raya

Mencegah makan berlebihan saat buka puasa

Melansir dari Mahkota Medical, salah satu fungsi sahur adalah mencegah Anda makan berlebihan saat waktunya buka puasa.

Melewatkan sahur membuat perut dalam keadaan kosong dalam jangka panjang. Akibatnya, gula darah mulai terganggu dan Anda akan diserang rasa lapar.

Pada akhirnya, saat berbuka puasa, Anda cenderung akan menyantap lebih banyak makanan untuk mengimbangi tingkat energi yang seharusnya diperoleh saat makan sahur.

Mengurangi rasa lapar & haus

Minum air putih melepas dahaga puasa

Baca Juga: Rekomendasi 7 Jenis Minuman Terbaik Pengganti Cairan Tubuh yang Hilang saat Puasa

Fungsi sahur tentunya agar mengurangi rasa lapar & haus. Pasalnya, Umat Muslim di Indonesia akan melewatkan waktu puasa dengan tidak makan & minum selama lebih dari 12 jam.

Selama itu pulalah Anda disarankan untuk makan sahur dengan menyantap makanan yang menyehatkan juga mengenyangkan, agar dapat bertahan dengan energi yang tersisa selama 12 jam.

Mencegah munculnya gejala gula darah rendah

Fungsi sahur dapat mengisi energi, juga dapat menstabilkan gula darah. Namun apabila Anda melewatkan makan sahur, maka muncullah gejala gula darah rendah.

Melansir dari Labcito, ada beberapa gejala gula darah rendah di antaranya seperti:

  • Lemas & tidak ada energi
  • Pucat
  • Gemetar
  • Pusing
  • Sulit konsentrasi
  • Mudah cemas

Baca Juga: 9 Makanan yang Menghidrasi Tubuh saat Puasa, Punya Kandungan Air yang Tinggi

Memberi energi selama seharian penuh

Makan yang cukup dapat memberi energi pada tubuh untuk melakukan aktivitas seperti biasanya selama seharian penuh meski sedang berpuasa. Ini merupakan salah satu fungsi sahur yang kita semua ketahui.

Namun perlu diingat, meski Anda sudah makan sahur, namun apabila makanan yang Anda santap saat sahur tak memiliki gizi yang seimbang, maka energi yang dihasilkanpun tak akan maksimal. Anda akan tetap kelaparan.

Maka dari itu, disarankan mengonsumsi karbohidrat kompleks yang dipadukan dengan serat & protein. Sebab, semua kombinasi ini dicerna tubuh dalam waktu yang lama, sehingga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Anti Loyo, Ini 7 Cara biar Tubuh Tetap Terhidrasi saat Puasa di Bulan Ramadan

Memberikan nutrisi untuk tubuh

Mengisi tubuh dengan makanan membuat tubuh mendapatkan nutrisi. Namun, itu hanya akan terjadi apabila Anda mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.

Puasa membuat tubuh banyak kehilangan nutrisi, mulai dari kalsium, magnesium, mineral, hingga vitamin. Maka dari itu, fungsi puasa adalah untuk mengisi ulang nutrisi yang selama ini sempat hilang.

Nutrisi & gizi diperlukan terutama untuk otak, agar Anda dapat beraktivitas bekerja & sekolah tanpa gangguan konsentrasi.

Baca Juga: Cuti Bersama Maju, Ini Daftar Cuti Bersama, Libur Nasional, dan Hari Besar April 2023

Mencegah dari rasa malas

Selain dari segi kesehatan, fungsi sahur lainnya juga tercermin dari segi spiritual, yakni dapat mencegah Anda dari rasa malas.

Waktu sahur yang lumayan lama tak hanya bisa dimanfaatkan untuk sekadar makan & minum saja, tapi juga bisa sambil membaca kitab suci Al-Quran untuk menambah pahala di bulan penuh keberkahan ini.

Itulah sederet fungsi sahur yang wajib Anda ketahui. Jangan sampai Anda melewatkan sahur untuk puasa tahun ini, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News