Santai

Sering Luput dari Perhatian, Ini 5 Jenis Premarital Check Up bagi Calon Manten

Sering Luput dari Perhatian, Ini 5 Jenis Premarital Check Up bagi Calon Manten

MOMSMONEY.ID - Tak hanya menyiapkan mental, ada juga aspek kesehatan seperti premarital check up yang sebaiknya turut disiapkan sebelum menikah.

Kondisi kesehatan tubuh kerap kali luput dari perhatian calon pengantin yang mau menikah. Padahal, premarital check up juga perlu dilakukan sebelum menikah.

Melansir dari laman Kementerian Kesehatan, tujuan premarital check up adalah untuk menekan risiko ari penyakit bawaan salah satu atau kedua pihak.

Lalu apa saja jenis premarital check up yang penting untuk dilakukan? Berikut adalah daftarnya:

Baca Juga: Ada Jenisnya, Cari Tahu Jenis Tidur Siang yang Tepat untuk Anda Berikut Ini

Tes hematologi

Hematologi juga dikenal dengan pemeriksaan darah. Tes ini berguna untuk mendeteksi adanya gangguan pembekuan darah kondisi darah, anemia, hemophilia, dan lain sebagainya.

Hasil tes hematologi ini dapat menjadi acuan bagaimana kondisi kesehatan seseorang secara akurat. Karena, tes ini diambil menggunkan sample darah.

Pemeriksaan darah bagi perempuan juga penting untuk mengetahui tingkat Hb dan risiko thalassemia.

Tes golongan darah dan rhesus

Tes golongan darah sangat penting karena untuk kepentingan transfusi yang bisa dibutuhkan sewaktu-waktu. Nantinya rhesus juga sangat diperlukan bagi istri yang tengah hamil.

Golongan darah dan rhesus diperlukan untuk mencegah inkompatibilitas rhesus pada bayi yang dilahirkan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui masing masing golongan darah dan rhesus-nya.

Baca Juga: Kakeibo Financial Budgeting Ala Jepang Anti Boros, Coba yuk

Tes HIV dan Infeksi menular lainnya

Sebelum menikah pastikan kesehatan seksual dalam kondisi sehat. Sehingga, Anda tidak membawa atau menularkan penyakit seksual pada pasangan. Lakukan tes ini pada klinik sebelum menikah.

Agar virus yang menyerang antibodi ini bisa terdeteksi sejak dini. Begitu juga dengan penyakit menular seksual lainnya. Seperti edaran dari Menteri Kesehatan, tes kesehatan ini bersifat wajib bagi pasangan yang hendak menikah.

Tes TORCH

Tes TORCH merupakan tes yang digunakan untuk mendeteksi adanya infeksi pada ibu hamil. Tes ini berguna untuk mencegah makin parahnya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan infeksi. Sehingga risiko penularan pada janin dapat dicegah.

TORCH merupakan singkatan dari jenis penyakit infeksi. Yaitu Toksoplasmosis, Other(termasuk sifilis), Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes simplex virus.

Medical check up lainnya

Jika ingin melakukan pemeriksaan lengkap, maka pemeriksaan gula darah dan juga urin bisa dijadikan pilihan. Pemeriksaan kesehatan ini bisa membantu mendeteksi penyakit bawaan atau turunan seperti diabetes dan komplikasi lainnya.

Sedangkan tes urin bisa digunakan untuk mengetahui penyakit sistematik dan metabolik.

Nah, itulah tadi beberapa jenis premarital check up yang sebaiknya dilakukan oleh kedua pasangan sebelum menikah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News