CLOSE [X]
ads

Sering Lupa Taruh HP? Ini Cara Mudah Menemukan HP Android yang Hilang Tanpa Aplikasi

Sumber: Support.Google
Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:12 WIB
Sering Lupa Taruh HP? Ini Cara Mudah Menemukan HP Android yang Hilang Tanpa Aplikasi

ILUSTRASI. Warga mengakses internet dari perangkat ponsel mereka di Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/8/2021). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.


MOMSMONEY.ID - Beberapa merek smartphone telah menyertakan aplikasi khusus yang dapat melacak keberadaan smartphone apabila hilang. Selain aplikasi bawaan, ada juga beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menemukan HP Android yang hilang. Salah satu cara menemukan HP Android hilang yang paling efektif adalah menggunakan akun Google. 

Meskipun harus melibatkan akun Google, tetapi cara ini cukup efektif mengingat kebanyakan HP Android menggunakan akun Google untuk mengakses beberapa aplikasi. Cara ini akan lebih mudah apabila anda pernah menyinkronkan akun Google yang ada pada smartphone dengan akun Google yang ada pada PC atau laptop. 

Kominfo shutterstock - kontan kilas online

Langkah-Langkah menemukan HP Android yang hilang 

Ada tiga tindakan yang dapat Anda lakukan pada HP Android yang hilang. Anda bisa melacak lokasi keberadaan HP, mengunci akses masuk ke dalam perangkat lunak HP, dan menghapus seluruh data yang ada pada HP tersebut. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Silakan buka alamat android.com/find melalui perangkat lain, terutama PC atau laptop. 

2. Silakan buka browser dan masuk ke akun Google yang sama pada akun Google di smartphone hilang. 

3. Di bagian kiri atas akan terlihat perangkat mana saja yang terhubung dengan akun Google tersebut. Pilih smartphone yang ingin ditemukan. 

4. Dalam keadaan normal, Anda akan mendapatkan lokasi keberadaan smartphone tersebut. Apabila smartphone tersebut mati, maka keberadaan terakhir ketika smartphone tersebut menyala akan tercatat. 

5. Apabila Anda berada pada titik yang sama dengan keberadaan smartphone tersebut pada peta, Anda bisa mengambil tindakan “putar suara” untuk menemukan lokasi spesifik. Pilihan tindakan ini ada pada tab sebelah kiri. 

6. Apabila smartphone tersebut jauh dari jangkauan Anda, ada dua tindakan yang dapat dipilih. Pertama, Anda dapat mengunci akses masuk ke dalam smartphone tersebut sehingga tidak dapat disalahgunakan oleh orang lain. Kedua, Anda dapat menghapus seluruh data yang ada pada smartphone tersebut. 

Cara ini sangat efektif untuk digunakan. Meskipun begitu, smartphone yang hilang tersebut harus dalam keadaan online atau tidaknya online dalam waktu yang dekat. 

Selanjutnya: Merasa Susah Konsentrasi? Coba Terapkan Teknik Pomodoro untuk Latih Fokus Anda

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Amry Hidayat

Terbaru