Sering Kita Konsumsi, 6 Makanan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Racun untuk Tubuh

Reporter: Raissa Yulianti
Kamis, 24 November 2022 | 11:29 WIB
Sering Kita Konsumsi, 6 Makanan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Racun untuk Tubuh

ILUSTRASI. Apel tergolong ke dalam makanan yang bisa sebabkan racun untuk tubuh karena bijinya mengandung sianida


MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda, ternyata ada makanan yang bisa sebabkan racun untuk tubuh, lo. Dan, yang lebih mengejutkan lagi adalah bahwa makanan-makanan ini merupakan jenis makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

Makanan-makanan ini diketahui mengandung racun seperti sianida yang sangat membahayakan karena dapat menimbulkan kematian.

Utnuk dapat menghindarinya, berikut MomsMoney sajikan 6 jenis makanan yang bisa sebabkan racun untuk tubuh, dirangkum dari laman Times of India dan WebMD:

Baca Juga: Promo Menu Baru Pizza Hut Delivery 2022, Fun Pizza Serba Rp 20.000

Buah ceri

Biji pada Buah Ceri dapat sebabkan racun pada tubuh

Makanan yang bisa sebabkan racun untuk tubuh adalah buah ceri. Ketika sedang memakan buah ceri, tentu kita mengetahui bahwa pada bagian tengah buah ceri terdapat biji yang cukup keras.

Nah, biji tersebut tidak boleh dimakan. Ini karena bagian keras pada buah ceri ini mengandung asam prussic yang dikenal sebagai hidrogen sianida yang sangat beracun.

Tapi, Anda tak perlu panik jika tak sengaja menelannya. Cukup minum yang banyak dan biji tersebut akan keluar dari sistem pencernaan Anda.

Hanya, usahakan untuk tidak mengunyah atau menghancurkan biji tersebut agar Anda tak mengalami gejala keracunan.

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Buah apel

Buah apel juga merupakan makanan yang bisa sebabkan racun untuk tubuh. Eits, jangan takut dulu. Ini hanya akan terjadi apabila Anda mengonsumsi biji apelnya.

Sama seperti biji ceri, biji apel pun mengandung zat sianida. Namun berita baiknya, biji apel memiliki lapisan pelindung yang mencegah sianida masuk ke dalam tubuh jika anda tak sengaja memakannya.

Namun, usahakan untuk tak benar-benar memakan biji apel karena dosis kecil sianida saja sudah dapat menyebabkan kejang-kejang dan kesulitan bernapas.

Baca Juga: Suka Memasak Sayur? Ini 3 Cara Agar Nutrisi dalam Sayuran Tidak Hilang

Kentang hijau

Kentang Hijau tergolong ke dalam makanan yang bisa sebabkan racun untuk tubuh

Kentang hijau merupakan salah satu makanan berbahaya. Pasalnya, makanan ini bisa sebabkan racun untuk tubuh karena mengandung zat bernama glikoalkaloid.

Disebut kentang hijau karena seluruh bagian kentang ini berwarna hijau akibat adanya zat glikoalkaloid. Warna hijau ini membuat kentang menjadi terlihat tua dan tak menarik.

Bagian-bagian pada kentang hijau yang mengandung racun tersebut ada pada daun, kecambah, hingga umbi kentang itu sendiri.

Terlalu banyak mengonsumsi zat glikoalkaloid akan menyebabkan mual, diare, sakit kepala, kebingungan, hingga menyebabkan kematian.

Baca Juga: Apa Itu Umami? Ini Dia 7 Makanan Penghasil Rasa Umami

Kacang almond

Kacang almond

Makanan yang bisa sebabkan racun untuk tubuh selanjutnya adalah kacang almond. Perlu diketahui, almond memiliki 2 jenis/tipe yang berbeda: almond manis dan almond pahit.

Jenis kacang almond yang biasa kita konsumsi adalah jenis almond manis. Namun, Anda harus menghindari jenis almond pahit karena tergolong ke dalam makanan yang bisa sebabkan racun untuk tubuh.

Sebetulnya, dua jenis almond ini sama-sama mengandung zat bernama amygdalin, yakni zat kimia pembentuk sianida.

Tapi, jenis almond pahit mengandung amygdalin yang sangat tinggi sehingga tak boleh dikonsumsi karena dapat menyebabkan diare dan keram perut yang kronis.

Baca Juga: Moms, Ikuti 5 Cara Menentukan Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak

Jamur liar

Berhat-hatilah memakan jamur, karena ada jenis jamur yang tergolong ke dalam makanan yang bisa sebabkan racun untuk tubuh.

Terdapat beberapa jenis jamur liar yang sudah diketahui mengandung racun yang bisa bayakan tubuh karena bisa timbulkan gejala keracunan.

Misalnya, The Death Cap (Amanita phalloides), The Destroying Angel (Amanita Virosa), Webcaps, Autumn Skullcaps, dan Deadly Capperling.

Pada kenyataannya, jamur-jamur ini terlihat seperti jamur yang bisa dimakan. Namun, makanan ini ternyata dapat sebabkan racun yang berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan yang Mengandung Kalsium Lebih Tinggi daripada Susu

Tomat

Buah tomat

Baca Juga: 3 Cara Tepat Menyimpan Ikan Segar dalam Freezer Agar Bertahan Lama

Buah tomat juga memiliki bagian kecil yang disebut “mahkota tomat” sebagai makanan yang bisa sebabkan racun untuk tubuh.

Mahkota tomat merupakan bagian yang melingkar di sekitaran daun tomat. Bagian ini mengandung racun yang disebut zat tomatine. Racun ini dapat menyebabkan sakit perut dan kram perut yang hebat.

Tapi tak hanya itu, bagian daun tomat juga mengandung racun jenis lain bernama glycoalkaloid yang dapat menimbulkan gejala kecemasan saat dikonsumsi.

Baca Juga: Anti Berantakan, Ini 6 Tips Atur Freezer Supaya Es Tak Menggumpal

Pastikan anda memotong kedua bagian makanan yang bisa sebabkan racun ini saat akan memasaknya, ya.

Itu dia 6 makanan yang bisa sebabkan racun untuk tubuh. Sebetulnya, makanan-makanan di atas adalah makanan umum yang biasa kita makan.

Tapi, ada baiknya untuk menghindari bagian-bagian tertentu pada makanan tersebut, agar Anda tetap terhindar dari racun jenis apapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru
TERPOPULER