HOME

Sering Kesemutan, Waspadai 5 Gangguan Kesehatan Ini

Sering Kesemutan, Waspadai 5 Gangguan Kesehatan Ini

MOMSMONEY.ID - Jari tangan kesemutan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pasalnya, kondisi tersebut bisa menjadi tanda atau gejala dari suatu penyakit.

Meski bukanlah kondisi yang berbahaya, Anda tetap perlu waspada bila keluhan ini berulang, berlangsung lama, dan disertai gejala lain.

Jari tangan kesemutan biasanya terjadi saat adanya tekanan pada saraf. Tekanan ini memicu sensasi kebas atau mati rasa, mulai dari jari, pergelangan, lengan, bahkan hingga ke siku.

Baca Juga: Ingin Gigi Putih Berseri? Coba Lakukan 5 Cara Memutihkan Gigi Ini di Rumah

Dilansir dari Healthline dan Medical News Today, berikut ini adalah gangguan kesehatan yang terjadi jika sering kesemutan, antara lain: 

1. Stroke

Gangguan kesehatan yang terjadi jika sering kesemutan pertama adalah stroke. Seseorang yang merasakan tangan kesemutan hingga mati rasa, dapat menjadi tanda stroke.

Tanda lainnya apabila Anda mengidap penyakit stroke adalah kesulitan untuk berbicara atau memahami obrolan orang lain, pusing mendadak, atau kehilangan keseimbangan.

2. Serangan jantung

Gangguan kesehatan yang terjadi jika sering kesemutan kedua adalah serangan jantung. Waspada saat Anda tiba-tiba mengalami kesemutan pada area tangan.

Kondisi ini bisa menjadi tanda serangan jantung. Penyumbatan pada pembuluh darah membuat aliran darah menuju jantung terganggu sehingga menyebabkan kesemutan serta nyeri dada.

3. Kekurangan vitamin tertentu

Gangguan kesehatan yang terjadi jika sering kesemutan ketiga adalah kekurangan vitamin tertentu. Jari tangan kesemutan juga terjadi akibat kekurangan vitamin B1, B6, B12, dan vitamin E.

Hal ini karena semua vitamin tersebut dibutuhkan tubuh untuk menunjang kesehatan dan fungsi saraf. Tak hanya di tangan, kekurangan vitamin ini juga bisa menyebabkan kesemutan di kaki.

Baca Juga: 5 Penyebab Asma Kambuh di Malam Hari yang Perlu Diwaspadai

4. Diabetes

Gangguan kesehatan yang terjadi jika sering kesemutan keempat adalah diabetes. Sekitar 30 persen pengidap diabetes kerap mengalami kondisi tangan kesemutan.

Pada penderita diabetes, kesemutan umumnya terasa di kaki lalu naik ke tangan. Sekitar dua pertiga dari pengidap diabetes memiliki kerusakan saraf yang ringan hingga parah.

5. Saraf terjepit

Gangguan kesehatan yang terjadi jika sering kesemutan kelima adalah adanya saraf kejepit. Hal ini menyebabkan kesemutan pada leher, punggung, tangan, hingga kaki.

Saraf terjepit dapat terjadi karena cedera, postur tubuh yang buruk, hingga radang sendi. Cedera juga dapat menyebabkan gangguan saraf dan menimbulkan rasa nyeri pada pengidapnya.

Jika keluhan ini sering kambuh, tidak reda dalam waktu lama, dan disertai gejala lain, segera konsultasikan ke dokter agar kesemutan dapat diobati sesuai penyebabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News