HOME, Keluarga

Sering Keliru Dikenali, Ini Letak Perbedaan Antara Tanaman Daisy dan Chamomile

Sering Keliru Dikenali, Ini Letak Perbedaan Antara Tanaman Daisy dan Chamomile

MOMSMONEY.ID - Anda mungkin sudah sering mendengar tentang teh bunga chamomile dan tanaman hias bunga daisy yang cantik. Bila diperhatikan, keduanya terlihat mirip satu sama lain dan sering keliru dikenali di alam liar.

Apakah keduanya berhubungan? Bagaimana cara membedakannya? Dilansir dari eHow, berikut beberapa letak perbedaan antara kedua tanaman ini.

Bunga Chamomile

Bunga Daisy

Baca Juga: Yuk! Hindari Kesalahan Menyirami Kaktus, Begini Tipsnya!

Keluarga Tanaman

Tanaman daisy atau dalam bahasa Indonesia juga disebut bunga aster, memiliki nama latin Bellis perennis yang merupakan spesies umum dari bunga daisy dari fimilia Asteraceae. Sementara chamomile merupakan tumbuhan semusim dari keluarga bunga matahari Astaraceae. Nama latinnya adalah Matricaria recutita. Meski memiliki kelompok famili yang sama, secara botani, daisy merupakan sesuatu yang berbeda. Ini mengacu pada sekelompok besar tanaman berbunga di keluarga tanaman Asteraceae.

Dalam keluarga Asteraceae, mereka memiliki bunga yang berbentuk sinar. Ini termasuk bunga aster (yang memberi nama keluarga itu), gerbera aster, dan bunga matahari. Sementara bunga chamomile adalah salah satu dar banyak jenis tanaman berbunga dalam keluarga itu. Jadi, chamomile merupakan bunga aster, tetapi semua bunga aster atau daisy bukanlah bunga chamomile.

Kelopak

Ini adalah bagian paling mirip yang membuat keduanya sulit dibedakan. Bunga chamomile mengipasi lurus ke luar seperti daisy, tetapi saat kuncup serbuk sari tumbuh lebih tinggi, kelopaknya akan mulai bergerak ke bawah yang membuat kuncupnya lebih menonjol. Sementara bunga daisy kebanyakan mempertahankan bentuk dan posisi kelopak yang sama.

Bunga chamomile mekar dalam berbagai warna putih, kuning, dan ungu. Sementara bunga daisy mekar dalam berbagai warna yang lebih banyak, seperti merah muda, persik, merah, ungu, oranye, kuning, putih, biru, hijau, dan kombinasi dua warna.

Baca Juga: Mengenal Lebih Banyak Tanaman Bunga Chamomile

Ukuran

Selain kelopak yang berbeda, ukurannya juga berbeda. Ukuran kepala bunga daisy sangat bervariasi, bergantung pada spesiesnya. Beberapa memiliki kepala bunga yang berukuran 20cm dan lainnya berukuran lebih kecil atau sedang. Sementara bunga chamomile biasanya hanya berukuran 7-10 cm, tetapi ada juga yang berukuran sangat kecil, yakni 2,54 cm (1 inci).

Batang dan Daun

Daisy memiliki batang hijau tebal dan daun lonjong, tetapi juga bisa bergerigi dan berujung runcing. Sebagian besar jenis daisy tumbuh setinggi 1-3 kaki (30,48-91,44 cm), bergantung pada spesiesnya. Sementara bunga chamomile memiliki batang yang tipis, pendek, dan dedaunan runcing. Tanaman ini biasanya hanya tumbuh sekitar 9 inci (22,86 cm).

Kuncup Serbuk Sari

Kuncup serbuk sari pada sebagian besar jenis chamomile jauh lebih menonjol dibandingan dengan daisy. Kuncup ini memiliki penampilan yang lebih besar, lebih melingkar yang menonjol ke atas. Sementara bunga daisy memiliki kuncul yang rapat, rata, dan lebih kompak. Selain itu, kuncup daisy juga menghasilkan warna kuncup lain seperti ungu, merah muda, merah, cokelat, hijau, biru, dan persik. Tidak seperti bunga chamomile yang umumnya hanya kuning dan oranye.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News