HOME, Santai

Sering Jadi Persyaratan Kuliah Luar Negeri, Ini Beda GRE dan GMAT

Sering Jadi Persyaratan Kuliah Luar Negeri, Ini Beda GRE dan GMAT

MOMSMONEY.ID - Tes kemampuan bahasa Inggris yang paling umum digunakan adalah TOEFL dan IELTS. Keduanya memiliki perbedaan fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Dalam IETLS sendiri masih akan dibagi menjadi GRE dan GMAT. Keduanya ini biasanya digunakan untuk syarat pendaftaran sekolah pasca sarjana di luar negeri. 

Baca Juga: Yuk, Simak Bedanya Test Kemampuan Bahasa Inggris TOEFL dan IELTS

Namun, tak semua bidang studi yang diambil mensyaratkan GRE dan GMAT. Jurusan bisnis adalah jurusan yang paling sering dalam mensyaratkan GMAT sebagai syarat kuliah dikampus.

Berikut ini adalah perbedaan antara GRE dan GMAT yang harus diketahui sebelum apply kuliah pasca sarjana.

GRE

GRE merupakan singkatan dari Graduate Record Examination. Melansir dari laman Prep Scholar, GRE lebih umum digunakan bagi calon mahasiswa yang ingin daftar ke berbagai jurusan di universitas di USA. 

Ada 3 macam kemampuan yang di ujikan dalam tes ini yaitu, analytical writing, verbal reasoning, dan quantitative reasoning. 

Baca Juga: Ingin Lanjut Kuliah di Korea? Yuk, Coba Program Beasiswa Global Korea Scholarship Ini

Waktu yang harus ditempuh untuk mengikuti tes ini adalah 3 jam 45 menit. Dimana skala nilai yang diberikan berada dalam angka 260-340.

Nilai ini nantinya hanya bisa digunakan dalam jangka waktu 5 tahun saja setelah hasil tes keluar. Tes ini ditujukan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam memahami bacaan kompleks dan infomasi kuantitatif.

GMAT

GMAT merupakan singkatan dari Graduate Management Admission Test. Test ini digunakan untuk mengetes kemampuan calon mahasiswa dalam hal logika, grammar, dan kemampuan penalaran. 

Tes GMAT biasanya digunakan bagi para calon mahasiswa yang ingin apply di sekolah bisnis. Laman US News menjelaskan bahwa tes ini terdiri dari 4 macam kemampuan yang diujikan.

Kemampuan yang diuji pertama adalah analytical writing assessment, integrated reasoning, quantitative reasoning, dan verbal reasoning.

Skala nilai yang digunakan dalam tes ini berkisar pada nilai 200-800. Waktu tes yang harus ditempuh untuk melaksanakan tes ini adalah 3 jam 30 menit. 

Skor yang didapatkan pada tes ini berlaku selama 5 tahun sejak hasil tes dikeluarkan. 

Selanjutnya: Manakah yang Lebih Baik, Susu Skim, Susu Low Fat, atau Susu Biasa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News