HOME, Bugar

Sering Insomnia? Ini Cara Mendapatkan Tidur yang Nyenyak dan Berkualitas!

Sering Insomnia? Ini Cara Mendapatkan Tidur yang Nyenyak dan Berkualitas!

MOMSMONEY.ID - Tidur tidak nyenyak merupakan masalah yang cukup umum. Namun, ada beberapa cara tidur nyenyak yang bisa Anda coba lakukan agar kualitas tidur menjadi lebih baik. 

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur atau tidur tidak nyenyak bisa menyebabkan penurunan daya pikir, tingkat konsentrasi, dan kemampuan bekerja seseorang. 

Tak hanya meningkatkan kualitas tidur, tidur nyenyak juga baik untuk kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, diperlukan cara agar tidur nyenyak dan berkualitas pun bisa Anda dapatkan. 

Baca Juga: Waspadai! Inilah Gejala Depresi yang Kerap Dialami Remaja

Dilansir dari Sleep Education, inilah beberapa cara mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Jangan makan malam dekat waktu tidur

Cara mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas pertama adalah jangan makan malam mendekati waktu tidur. 

Langsung tidur sesudah makan bisa meningkatkan kadar asam lambung dan memicu sakit maag. 

Terkadang bisa juga menimbulkan rasa panas di perut, dada, dan tenggorokan. Beri jarak yang cukup antara waktu makan malam dan waktu tidur Anda. 

 2. Hindari olahraga berat sebelum tidur

Cara mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas kedua adalah menghindari olahraga berat sebelum tidur. 

Olahraga dapat menghasilkan efek lelah yang membuat Anda mudah terlelap. Namun, aktivitas ini juga dapat menghasilkan efek segar yang justru membuat tubuh semakin terjaga. 

Namun, Anda juga bisa menggantinya dengan relaksasi yang menenangkan, seperti melakukan yoga, membaca buku, berendam air hangat, atau mendengarkan musik 

3. Hindari main handphone atau laptop di tempat tidur

Cara mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas ketiga adalah menghindari bermain handphone atau laptop di tempat tidur. 

Anda harus mematikan lampu kamar dan berhenti bermain handphone, otak dan mata Anda akan mulai mengirimkan sinyal ke kelenjar pineal Anda untuk mulai memproduksi melatonin. 

Baca Juga: Coba Lakukan! Inilah 3 Olahraga untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

4. Batasi waktu tidur siang

Cara mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas keempat adalah membatasi waktu tidur siang. Tidur siang memang diketahui baik untuk tubuh.

Jika ingin menghindari tidur siang, Anda bisa melakukan kegiatan santai lainnya, seperti berjalan kaki, minum minuman dingin, atau berbincang dengan keluarga. 

5. Hindari minum kopi dan alkohol di sore hari

Cara mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas kelima adalah menghindari minum kopi atau alkohol di sore hari. 

Untuk mendapatkan tidur berkualitas, hentikan konsumsi kafein dalam bentuk apapun (teh, kopi, soda, bahkan permen cokelat) dan alkohol setidaknya delapan jam sebelum waktu tidur. 

Namun, jika cara di atas sudah dilakukan tetapi Anda tetap sulit untuk tidur nyenyak, konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News