Bugar

Sering Disepelekan! Kenali 5 Tanda Penyakit Ginjal Ini

Sering Disepelekan! Kenali 5 Tanda Penyakit Ginjal Ini

MOMSMONEY.ID - Tanda-tanda penyakit ginjal penting untuk Anda ketahui. Apalagi penyakit ini sering terlambat terdeteksi, karena beberapa tandanya mirip dengan kondisi atau penyakit lain.

Dengan mengenali gejalanya, langkah pengobatan pun dapat dilakukan dengan tepat dan sedini mungkin. Ketika ginjal mengalami gangguan, hal ini secara otomatis akan berdampak pada kesehatan tubuh.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri penyakit ginjal. Hal ini juga membantu Anda untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan akibat ginjal yang bermasalah. 

Baca Juga: Bahaya Konsumsi Daging Mentah yang Perlu Anda Waspadai

Dilansir dari Health Focus, berikut ini beberapa awal penyakit ginjal yang perlu Anda waspadai, yaitu:

Mudah lelah

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Pada akhirnya, hal ini bisa menyebabkan penderitanya mudah alami kelelahan dan sulit konsentrasi.

Kulit gatal

Tanda-tanda penyakit ginjal selanjutnya adalah kulit gatal. Kulit penderita penyakit ginjal bisa menjadi mudah gatal karena pengaruh dari fungsi ginjal yang tidak bisa membuang racun di dalam darah dengan baik.

Bau mulut

Tanda-tanda penyakit ginjal berikutnya adalah bau mulut. Penderita penyakit ini bisa mengalami bau mulut akibat ginjal tidak bisa menyaring racun dengan baik.

Tidak hanya memicu bau mulut, makanan yang dikonsumsi pun bisa memberikan sensasi rasa logam di lidah.

Baca Juga: Kenali 4 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Perkembangan Otak Anak

Urine berwarna cokelat

Tanda-tanda penyakit ginjal lainnya adalah urine berwarna cokelat. Urine bisa berwarna cokelat akibat ginjal gagal menyaring sel darah merah dan justru membuangnya bersama urine.

Pada akhirnya, urine mengandung sel darah merah cukup banyak dan berwarna kecokelatan

Urine berbusa dan terdapat darah

Urine yang berbusa menandakan bahwa banyak kandungan protein dalam urine. Selain itu, munculnya darah dalam urine juga menandakan gejala awal dari gangguan ginjal. 

Itulah tanda-tanda penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui. Anda juga harus lebih waspada, terutama jika menderita penyakit tertentu seperti diabetes atau tekanan darah tinggi.

Hal ini karena risiko terkena penyakit ginjal akan meningkat bila Anda memiliki kondisi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News