Bugar

Sering Disepelekan! Ini Penyebab Hipertensi yang Harus Segera Diwaspadai

Sering Disepelekan! Ini Penyebab Hipertensi yang Harus Segera Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah meningkat. Hipertensi dapat terjadi selama bertahun-tahun tanpa disadari penderitanya.   

Bahkan tanpa gejala sekalipun terus berlanjut dan dapat dideteksi. Hipertensi yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti serangan jantung dan stroke.   

Dilansir dari beberapa sumber, salah satunya Healthline, berikut beberapa faktor yang dapat berkontribusi sebagai penyebab hipertensi, antara lain:

Baca Juga: Inilah 5 Makanan Sehat yang Bisa Menyembuhkan Bibir Pecah-Pecah

Merokok

Merokok juga merupakan salah satu penyebab hipertensi yang paling umum. Rokok sudah terbukti dapat membuat tekanan darah langsung meningkat tajam setelah isapan pertama.    

Hal ini karena kandungan zat-zat berbahaya di dalamnya dapat merusak lapisan dinding pembuluh arteri. Bila ini terjadi, pembuluh arteri akan menyempit dan tekanan darah menjadi naik.  

Males bergerak

Malas bergerak alias mager menjadi penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi yang sering dianggap remeh. Detak jantung dari orang yang jarang bergerak biasanya cenderung cepat. 

Ini menjadi penyebab jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah, yang akhirnya berimbas pada peningkatan tekanan darah atau hipertensi.  

Jangan lagi beralasan tidak punya waktu untuk olahraga kalau ingin menghindari hipertensi. Mulailah secara perlahan dengan olahraga ringan, tetapi rutin dan teratur, seperti jalan kaki.  

Obesitas

Obesitas dan kelebihan berat badan erat kaitannya dengan tekanan darah tinggi. Bahkan kedua hal ini dinilai sebagai penyebab hipertensi yang paling sering terjadi. Cek dulu berapa indeks 

massa tubuh Anda dengan kalkulator IMT di sini. Tingginya angka IMT Anda dapat menjadi indikator penyebab hipertensi.  

Baca Juga: Sering Menggangu, Kenali 5 Macam Gangguan Menstruasi yang Harus Anda Waspadai

Sering stres

Saat stres, tubuh melepaskan hormon kortisol yang bisa sebabkan peningkatan denyut jantung. Hal ini juga dapat mempersempit pembuluh darah, sehingga terjadi peningkatan tekanan darah.  

Namun, mengurangi stres dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan sehingga tekanan darah Anda pun dapat terjaga.  

Terlalu banyak garam

Mengonsumsi garam dapat meningkatkan jumlah natrium dalam tubuh. Adapun kelebihan natrium akan menyulitkan ginjal untuk membuang sisa cairan dalam tubuh. 

Hal ini akan mengakibatkan terjadinya penumpukan cairan. Akhirnya, penumpukan cairan ini menyebabkan tekanan darah menjadi naik.  

Terlalu banyak asupan garam juga menyebabkan tekanan ekstra pada dinding pembuluh darah arteri. Tekanan ekstra tersebut membuat arteri menebal dan jadi semakin sempit sehingga tekanan darah pun makin naik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News