Bugar

Sering Disepelekan! Ini 4 Faktor Penyebab Utama Kanker Paru-Paru

Sering Disepelekan! Ini 4 Faktor Penyebab Utama Kanker Paru-Paru

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa penyebab utama kanker paru-paru yang perlu Anda ketahui, dan sebaiknya jangan disepelekan.

Kanker paru adalah penyakit yang terjadi akibat munculnya sel kanker pada paru-paru. Kanker menjadi penyakit berbahaya yang dapat memicu kematian.   

Menurut data World Health Organization (WHO) pada 2020, ada sekitar 1,8 juta kasus kematian yang disebabkan oleh kanker paru-paru.  

Sebaiknya lakukan pencegahan dengan cara menghindari penyebab atau faktor risiko yang bisa memicu penyakit  kanker paru.   

Mengutip dari WHO dan Healthline, berikut beberapa penyebab utama kanker paru-paru yang perlu Anda ketahui dan sebaiknya jangan disepelekan, antara lain: 

Baca Juga: Wajib Dicoba, Ini Cara Sederhana Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Mata

1. Merokok

Penyebab utama kanker paru-paru adalah merokok. Kebiasaan merokok menjadi salah satu penyebab terbesar kanker paru-paru, baik perokok aktif maupun perokok pasif.  

Untuk itu, sebaiknya pastikan Anda berhenti melakukan kebiasaan merokok dan menghindari paparan asap rokok.   

Memiliki kebiasaan merokok dapat memicu kerusakan pada sel dalam paru akibat zat kimia yang terhirup ke dalam paru-paru.

Namun, jika kerusakan terjadi terus menerus dalam waktu yang panjang, kondisi ini membuat sel muncul secara abnormal dan tidak terkendali sehingga memicu munculnya sel kanker.   

2. Riwayat kesehatan keluarga

Penyebab utama kanker paru-paru kedua adalah adanya riwayat kesehatan keluarga yang mengidap hal serupa.   

Seseorang yang memiliki keluarga dekat dengan kondisi kanker paru-paru lebih berisiko mengalami penyakit ini dibanding yang tidak.    

Baca Juga: Wajib Dicoba Nih! Ini Sederet Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan

3. Paparan zat berbahaya lainnya

Penyebab utama kanker paru-paru ketiga adalah terkena paparan zat berbahaya secara terus menerus.   

Paparan zat berbahaya lain, seperti arsenik, kromium, dan nikel juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru.   

Zat-zat ini sering ditemukan di tempat pembentukan baja, atau pabrik-pabrik pembuatan sendok-garpu, baterai dan lain-lain.    

4. Polusi

Penyebab utama kanker paru-paru terakhir adalah polusi. Oleh karena itu, jangan lupa selalu memakai masker sebelum bepergian.   

Polusi yang dihasilkan dari pembakaran kendaraan maupun pabrik juga berisiko sebabkan kanker paru apabila timbal yang dihasilkan terus-menerus terhirup oleh paru-paru kita.    

Tidak ada salahnya melakukan beberapa kebiasaan yang bisa menurunkan risiko kanker paru-paru.   

Mulai sekarang segera berhenti merokok, rajin mengonsumsi sayur dan buah, selalu menggunakan masker di area dengan paparan kimia tinggi, hingga rutin berolahraga.

Itulah beberapa penyebab utama kanker paru-paru yang perlu Anda ketahui dan sebaiknya jangan disepelekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News