Keluarga

Sering Dianggap Jorok, Inilah 4 Fungsi Kentut yang Jarang Diketahui

Sering Dianggap Jorok, Inilah 4 Fungsi Kentut yang Jarang Diketahui

MOMSMONEY.ID - Meski sering dianggap jorok, kentut punya fungsi yang baik untuk kesehatan, lo.

Kentut merupakan salah satu tanda biologis tubuh. Kentut menandakan adanya gas dalam sistem pencernaan yang harus segera dilepaskan.

Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap kentut adalah hal yang memalukan. Ini karena kentut memiliki bunyi dan bau yang tak sedap. Tapi, tahukah Anda, menahan kentut tak baik untuk kesehatan?

Untuk tahu apa saja fungsi kentut bagi kesehatan, mari simak artikel, yang dilansir dari laman Health Shots dan Mens Health, berikut ini selengkapnya.

Baca Juga: 7 Cara Hilangkan Ketombe Secara Permanen dari Rambut Indahmu

Tanda perut yang sehat

Kentut adalah salah satu tanda Anda memiliki sistem perncernaan yang sehat. Melansir dari Times of India, kentut yang ideal adalah sebanyak 5-15 kali sehari.

Kentut merupakan tanda bahwa Anda telah mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan karbohidrat kompleks seperti kacang-kacangan, sayuran, buah, dan biji-bijian.

Namun, jika Anda tak merasa telah makan makanan yang sehat tapi mengalami kentut di luar jumlah ideal, bisa jadi tubuh malah sedang mengalami alergi terhadap makanan tertentu.

Mengurangi sakit perut

Sakit perut

Kentut baik untuk kesehatan. Pasalnya, kentut dapat mengurangi sakit perut yang muncul ketika gas terakumulasi di usus dan memberikan tekanan pada perut.

Mengeluarkan kentut dapat memberikan sensasi rasa lega yang instan.

Namun jangan sekali-kali menahan kentut. Menahan kentut akan sangat berbahaya karena gas yang terkumpul dalam usus dapat membuatmu mengalami sakit kepala yang parah.

Baca Juga: Workaholic Wajib Simak, Ini 5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Kesibukan Kerja

Dapat mendeteksi masalah kesehatan

Kentut ternyata dapat mendeteksi masalah kesehatan, loh! Jika anda kentut terlalu sering daripada biasanya, atau malah kentut Anda memiliki bau yang sangat menyengat, bisa jadi Anda sedang mengalami masalah kesehatan.

Biasanya, masalah kesehatan ini bersumber dari usus atau masalah lambung. Jika ini terjadi kepada Anda, ada baiknya mulai perbaiki asupan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Baca Juga: Anak Moms Masih Suka Ngompol? Ikuti 7 Tips Hilangkan Bau Pesing di Kasur

Indikasi adanya alergi makanan

Kentut baik untuk kesehatan. Tapi, kentut yang terlalu sering juga dapat mengindikasikan suatu alergi pencernaan terhadap makanan tertentu.

Salah satu tanda alergi makanan bukan hanya ditandai dari gatal-gatal saja, tapi bisa juga dari perut yang kembung dan kentut yang terus menerus.

Sekarang, sudah tahu, kan, alasan mengapa kentut baik untuk tubuh? Jadi, tak ada lagi alasan untuk menahan-nahan kentut karena dapat berbahaya bagi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News