HOME, Bugar

Sering Dialami Banyak Orang, Ketahui 4 Penyebab Kulit Gatal dan Cara Mengatasinya

Sering Dialami Banyak Orang, Ketahui 4 Penyebab Kulit Gatal dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Kulit sangat sering mengalami gatal-gatal yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan bisa membekas. Kulit gatal memiliki banyak penyebab, seperti bisa disebabkan peradangan dan gangguan autoimun.

Beberapa penyebab kulit gatal ini cukup sering dialami oleh banyak orang. Melansir dari lifebuoy.co.id, berikut penyebab kulit gatal dan cara mengatasinya, yaitu : 

gatal gatal

1. Alergi

Penyebab kulit gatal yang sering dialami banyak orang yaitu alergi. Menurut istilah medis, alergi kulit disebut dermatitis kontak alergi. Alergi dapat dipicu oleh beberapa penyebab. Munculnya alergi kulit bisa terjadi karena kulit terpapar alergen atau unsur asing yang dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh.

Karena keliru, sistem kekebalan tubuh mengeluarkan sinyal berupa gatal-gatal pada tubuh. Penyebab alergi kulit yang sering dijumpai diantaranya karena produk kosmetik yang tidak cocok di kulit, produk pembersih seperti deterjen, dan sabun cuci, obat-obatan yang dioleskan ke kulit, atau bahkan tanaman juga bisa menyebabkan alergi.

Cara mengatasi alergi kulit yang bisa Anda coba yaitu gunakan lotion atau calamine atau krim hidrokortison yang bisa mengurangi gatal. Tetapi Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, ketika alergi Anda bisa mandi dengan air dingin dan menggunakan pakaian yang longgar dan lembut di kulit.

2. Kulit Kering

Penyebab kulit gatal selanjutnya adalah kulit kering. Kulit kering biasanya terjadi ketika lapisan kulit paling luar atau epidermis kulit kekurangan cairan dan minyak alami. Kondisi kulit ini bisa muncul di bagian tubuh manapun, tetapi lebih sering terjadi di bagian lengan, tangan, dan kaki.

Kulit kering seringkali membuat tidak nyaman seperti kulit menjadi terasa gatal, dan ketika terus menerus digaruk muncul ruam kemerahan dan luka pada kulit.

Cara mengatasi masalah ini yaitu cobalah dengan menggunakan pelembab secara rutin seperti setelah mandi, mencuci muka dan mencuci tangan, menggunakan kompres air dingin, dan memilih produk sabun mandi dan kosmetik yang tepat.

Baca Juga: Harus Coba! Inilah 4 Rekomendasi Skincare Viral dan Aman BPOM untuk Kulit

3. Panu

Penyebab kulit gatal yang sering dialami banyak orang adalah panu. Panu adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Munculnya panu diakibatkan oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh, perubahan hormon, dan kekurangan nutrisi. Selain itu, keringat berlebihan, kulit berminyak, dan anggota keluarga yang memiliki panu juga meningkatkan risiko seseorang mengalami panu.

Panu membuat bercak putih dan gatal pada kulit. Gejala-gejala lainnya yaitu munculnya bercak berwarna merah muda, merah, kecoklatan, atau coklat, kulit menjadi bersisik, kering dan gatal. Area yang paling sering terjangkit panu yaitu area punggung, dada, leher, atau lengan atau atas.

Beberapa cara untuk mengatasi panu seperti dengan terapi anti jamur, baik dalam bentuk lotion, krim atau sampo. Khusus untuk panu yang tergolong ringan, bisa juga menggunakan obat untuk membunuh infeksi jamur yang dijual di pasaran.

4. Biduran 

Penyebab kulit gatal terakhir yaitu biduran atau urtikaria. Biduran memiliki ciri reaksi alergi pada kulit yang ditandai dengan adanya ruam kemerahan seperti bentol dan terasa gatal pada kulit. Biduran bisa terjadi di sebagian atau seluruh bagian tubuh.

Biasanya, biduran bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu penanganan khusus. Namun, beberapa diantaranya bisa berlangsung selama beberapa hari sampai berminggu-minggu.

Biduran bisa disebabkan oleh banyak hal seperti alergi terhadap makanan tertentu, serbuk sari, racun dari serangga, udara di luar ruangan, keringat berlebih dan stress. Bahkan biduran juga bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit serius seperti penyakit tiroid atau kanker.

Jika Anda mengalami biduran yang tidak kunjung hilang dengan sendirinya, segera periksakan diri ke dokter.

Selain itu, cobalah kenakan pakaian yang longgar dan tidak terlalu tebal, hindari sabun yang bisa mengiritasi kulit. Dan, hindari juga menggaruk kulit yang terkena biduran agar kulit tidak luka dan gatal semakin menyebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News