Bugar

Sering Darah Rendah? Coba Konsumsi 5 Makanan Penambah Darah Ini

Sering Darah Rendah? Coba Konsumsi 5 Makanan Penambah Darah Ini

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi rutin untuk membantu menambah darah saat mengalami darah rendah.

Tekanan darah rendah atau hipotensi bisa menunjukkan beragam gejala, mulai dari pusing, sakit kepala, hingga penglihatan kabur dan pingsan. 

Oleh karena itu, tekanan darah rendah perlu diatasi dengan cara yang efektif dan aman agar tidak bertambah parah dan menimbulkan komplikasi serius. 

Minum air putih yang cukup adalah salah satu cara untuk mengatasi tekanan darah rendah. Jadi, pastikan Anda minum 8 gelas air putih setiap hari. 

Dirangkum dari Health Focus, ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi rutin untuk membantu menambah darah, antara lain: 

Baca Juga: Luar Biasa! Ini Manfaat Rutin Mengonsumi Sari Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

1. Gunakan stoking kompresi

Selain makanan, ada cara efektif dan aman meredakan tekanan darah rendah yang pertama dengan menggunakan stoking kompresi.  

Stoking kompresi digunakan untuk mencegah darah terkumpul pada pembuluh darah vena yang ada di kaki Anda.

Namun, Anda juga bisa memanfaatkan stoking ini untuk mengurangi risiko munculnya keluhan akibat tekanan darah rendah yang terjadi saat perubahan posisi. 

2. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula

Cara efektif dan aman meredakan tekanan darah rendah yang kedua bisa mengonsumi makanana tau minuman yang mengandung gula namun jangan berlebihan.  

Anda bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, khususnya gula dalam bentuk yang sudah diproses, seperti gula jagung. 

3. Konsumsi makanan tinggi vitamin B12

Cara efektif dan aman meredakan tekanan darah rendah yang selanjutnya yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12.  

Makanan yang tinggi kandungan vitamin B12, seperti ikan salmon, tuna, salmon, kepiting, kerang, daging sapi, daging ayam, susu, dan telur. 

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia yang dapat memicu terjadinya tekanan darah rendah. 

Baca Juga: Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi di Usia Muda, Cari Tahu yuk

4. Konsumsi suplemen herbal

Cara efektif dan aman meredakan tekanan darah rendah yang terkahir adalah mengonsumsi suplemen herbal yang tidak memberikan efek samping.  

Mengonsumsi suplemen herbal dipercaya bisa menjadi solusi untuk mengatasi tekanan darah rendah.

Beberapa tanaman herbal yang bisa Anda pilih adalah jahe, kayu manis, dan lada. 

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen dan tanaman herbal tersebut, jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter guna memastikan keamanannya. 

Saat mengalami gejala tekanan darah rendah, cobalah beberapa cara yang telah disebutkan di atas secara rutin.  

Jika setelah mencoba tetapi gejala tekanan darah rendah tidak kunjung mereda atau semakin memberat, segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

Itulah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi rutin untuk membantu menambah darah saat mengalami darah rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News