HOME, Keluarga

Sering Bertingkah Lucu, Yuk! Kenali Maksud Tingkah Laku Kucing Peliharan

Sering Bertingkah Lucu, Yuk! Kenali Maksud Tingkah Laku Kucing Peliharan

MOMSMONEY.ID - Kucing merupakan hewan yang cukup lincah dalam beraktivitas. Tingkah lucu kucing memang selalu ada-ada saja.  Apapun yang dilakukannya selalu terlihat lucu dan menghibur pemiliknya. Namun, ada kalanya tingkah-tingkah itu terasa aneh dan mengherankan.

Jika Anda selalu dibuatnya penasaran, tentang apa maksud dari tingkah lakunya? Nah, berikut beberapa tingkah laku kucing dan maksudnya. Simak yuk!

Mencakar Furnitur

Jika Anda memiliki seekor kucing di rumah, tak jarang Anda akan melihat dia mencakar-cakar suatu benda. Baik itu kardus, lengan meja, maupun sofa. Mungkin Anda akan merasa kesal karena hal ini dapat merusak perabotan Anda. Akan tetapi, kucing melakukannya untuk beberapa hal.

Dilansir dari proplan.co.id, semua kucing melakukannya karena ingin menajamkan kukunya, menandai daerah kekuasaannya, dan meninggalkan aroma tubuhnya di permukaan benda tersebut. Anda tentu tak bisa menghilangkan kebiasaan alami ini dari diri kucing. Solusinya, Anda dapat memberikan beberapa mainan khusus untuk kucing mencakar-cakar di setiap sudut ruangan.

Baca Juga: Agar Tak Cepat Mati, Begini Cara Merawat Hamster

Mengendus Benda-Benda

Kucing juga memiliki kebiasaan mengendus-endus benda, apalagi untuk benda-benda yang baru dilihatnya. Indera penciuman kucing ini berfungsi sebagai penentu kehidupannya, seperti mengetahui status seksual kucing lain, berkomunikasi, berinteraksi dengan kucing lain, dan untuk mengidentifikasi wilayah. Jika kucing Anda sering mengendus-endus barang di dalam rumah, mungkin itulah yang sedang dia lakukan.

Zoomies

Dilansir dari Wikipedia.org, ingar-bingar acak aktivitas periode atau disebut zoomies, adalah semburan acak energi yang terjadi pada anjing dan kucing di mana mereka menjalankan kegadugan. Kucing ketika zoomies akan berlari cepat ke sana ke sini sambil mengeong-ngeong dengan keras.

Hal ini terjadi sebagai tanda bahwa kucing tak mendapatkan cukup gerak atau bermain. Maka, ada baiknya Anda memberikannya beberapa mainan dan mengajaknya bermain untuk memberikan aktivitas gerak lebih agar kucing lebih sibuk. 

Menggosokkan Kepala atau Badan

Saat kucing menggosokkan kepala atau badannya kepada Anda atau seseorang, artinya dia merasa nyaman, menunjukkan kasih sayang, berterima kasih, atau mencoba mencari perhatian agar dibelai. Selain itu, kebiasaan ini juga dilakukannya untuk memberi tanda bahwa sesuatu itu miliknya. Wah, so sweet sekali, ya.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 6 Ras Kucing Ini Mengalami Mutasi Genetik yang Merugikan

Tidur Lebih Lama

Dalam sehari, rata-rata kucing akan menghabiskan waktu tidur selama 16 jam. Alasannya, kucing memiliki aktivitas alami berburu yang membutuhkan banyak energi. Ketika mereka sedang tidak berburu, kucing biasanya akan tidur untuk mengumpulkan tenaga sehingga akan siap digunakan berburu kapan saja.

Tidak Mau Mengubur Kotorannya

Beberapa kucing jantan biasanya tidak suka mengubur kotorannya sendiri. Mereka akan meninggalkannya begitu saja dan membuat Anda kesal. Hal ini tentu ada maksudnya. Kucing jantan yang merasa dirinya adalah penguasa wilayah atau pemimpin (alpha), biasanya membiarkan kotorannya sebagai penanda bahwa dialah yang berkuasa.

Aktif dan Ribut di Malam Hari

Kucing sejatinya adalah hewan yang aktif di malam hari untuk berburu makanan. Namun bagi kucing rumahan, berburu malam tak perlu dilakukan. Kucing rumahan aktif ketika malam karena terlalu banyak tidur di siang hari. Hal ini tentu dapat diatasi.

Dilansir pet.webmd.com, kucing cenderung tidur setelah makan besar, maka beri makan kucing Anda makanan utama pada malam hari. Hal lainnya, Anda juga dapat memberikannya kegiatan yang lebih aktif di siang hari agar kucing sibuk. Anda juga dapat mengajaknya bermain sebelum tidur sehingga dapat membuat mereka lelah dan rileks. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News