Santai

Sering Begadang? Ini lo 4 Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan

Sering Begadang? Ini lo 4 Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Terlalu sering begadang ternyata bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Simak penjelasannya berikut ini.

Tidur merupakan aktivitas wajib yang harus dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh dari aktivitas selama satu hari.

Kekurangan jam tidur karena begadang ternyata memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh jika dilakukan dalam jangka waktu panjang.

Bagi yang sering begadang, ketahui, yuk, beberapa dampak buruk begadang bagi kesehatan tubuh berikut:

Baca Juga: Mengenal Istilah Reverse Diet dan Manfaatnya, Bisa Kontrol Nafsu Makan Juga lo

Kulit tidak sehat

Akibat yang disebabkan karena sering begadang adalah memiliki kondisi kulit yang tidak segar dan sehat. Jika menginginkan untuk memiliki kulit yang sehat dan terhindar dari penuaan dini, sebaiknya mulailah untuk memiliki kualitas tidur malam yang baik.

Kurangnya kualitas tidur ternyata juga bisa menimbulkan resiko kulit berubah menjadi memiliki garis halus, keriput, warna kulit yang tidak merata, dan juga kendur.

Memicu penyakit

Bukan sekadar pusing saja yang bisa dirasakan ketika terlalu sering begadang, penyakit kronis pun juga dapat mengancam kesehatan jika memiliki kualitas tidur yang buruk.

Dikutip dari laman Web MD, risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, serangan jantung, diabetes, darah tinggi, hingga stroke bisa menyerang orang-orang yang memiliki kualitas tidur buruk atau insomnia.

Baca Juga: Banyak Main Sosmed Pertanda Kesepian? Ini 3 Tanda Orang Alami Kesepian Lainnya

Berat badan bertambah

Berat badan naik juga bisa disebabkan begadang dan kualitas tidur kurang. Laman Health Line menyebutkan, orang-orang yang jam tidurnya kurang dari lima jam di malam hari akan lebih memiliki risiko berat badan bertambah.

Dengan berat badan bertambah, membuat risiko penyakit diabetes pun menjadi lebih rentan menyerang orang-orang yang kekurangan jam tidur. Tidurlah sekitar 7-8 jam di malam hari untuk terhindar dari risiko berat badan naik.

Mudah lupa

Kekurangan jam tidur karena sering begadang juga dapat memperburuk memori dan fungsi otak yang menyebabkan seseorang menjadi mudah lupa.

Memiliki kualitas tidur yang baik dan cukup tentunya bisa membantu seseorang untuk dapat memiliki memori yang tajam. Sehingga, jika tidak ingin menjadi pelupa, sebaiknya mulailah meninggalkan kebiasaan begadang.

Tak hanya buruk bagi kesehatan, ternyata dampak buruk begadang juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News