Serbaguna, Berikut 5 Fungsi Lain Rice Cooker Selain Memasak Nasi

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 28 November 2021 | 15:30 WIB
Serbaguna, Berikut 5 Fungsi Lain Rice Cooker Selain Memasak Nasi

MOMSMONEY.ID - Rice cooker atau alat penanak nasi adalah salah satu barang yang wajib ada di rumah orang Indonesia.

Namun, alat rumah tangga yang satu ini tidak hanya berfungsi untuk memasak atau menghangatkan nasi, lo. Ya, rice cooker merupakan alat yang cukup versatile alias fleksibel, sehingga bisa Anda manfaatkan untuk memasak makanan lainnya. Hal ini tentu akan berguna jika Anda perlu memasak tapi tidak ada akses ke kompor biasa.

Kira-kira, masakan apa saja yang bisa dibuat hanya dengan rice cooker? Dilansir dari Huffpost, berikut fungsi lain rice cooker selain untuk memasak nasi.

Baca Juga: 4 Tips Menata Rumah Kecil Supaya Tetap Rapi dan Nyaman Ditempati

Memasak mie instan

Jangan salah, rice cooker juga bisa dimanfaatkan untuk memasak mie instan, lo. Caranya pun mudah, Anda hanya tinggal memanaskan air di dalam rice cooker, lalu masukkan mie dan bahan pelengkap ke dalam panci dan masak seperti biasa.

Hanya saja, karena memiliki sumber panas yang berbeda, waktu kematangan mie instan ini tidak secepat ketika memasak di atas kompor. Periksa rice cooker beberapa kali untuk memastikan mie matang dengan sempurna.

Memasak kue

Selanjutnya, rice cooker bisa Anda gunakan untuk memasak aneka jenis kue, mulai dari kue bolu, brownies, bahkan pancake. Buatlah adonan kue seperti biasa di wadah terpisah, lalu masukkan adonan tersebut ke dalam panci rice cooker yang sudah diolesi mentega atau margarin.

Tergantung jenisnya, kue akan matang dalam waktu yang berbeda-beda. Periksa kue beberapa kali, lalu pencet ulang cook jika kue dirasa belum cukup matang. Beberapa jenis kue bahkan memerlukan Anda untuk memencet ulang tombol cook sebanyak kurang lebih 3 kali.

Memasak sup

Selain mie instan, sup atau makanan berkuah lainnya juga bisa dimasak di dalam rice cooker. Tergantung jenis supnya, Anda tinggal memasukkan air, minyak, potongan sayur, potongan daging, dan bumbu. Aduk, kemudian tutup dan biarkan masak.

Periksalah rice cooker beberapa kali untuk memastikan tingkat kematangan yang diinginkan. Karena sudah dimasak di dalam panci, Anda pun tidak perlu memindahkan supnya ke dalam mangkuk terpisah. Mudah dan praktis, kan?

Baca Juga: Rekomendasi 5 Warna Cat yang Bikin Ruang Tamu Lebih Luas

Mengukus makanan

Beberapa jenis rice cooker memiliki fungsi steam atau pengukus, sehingga dilengkapi dengan alat kukusan. Nah, Anda bisa memanfaatkan alat ini untuk mengukus berbagai makanan di dalam rice cooker, mulai dari dim sum hingga sayuran.

Caranya pun persis seperti mengukus di atas kompor. Panaskan air di dalam panci rice cooker, kemudian tambahkan alat kukusan di atasnya dan letakkan makanan yang ingin dimasak di atas kukusan tersebut. Tutup rice cooker dan tunggu sampai matang.

Memasak mac and cheese

Rice cooker juga bisa dimanfaatkan untuk memasak pasta, khususnya one-pot macaroni and cheese. Caranya, masukkan makaroni, air, dan garam, kemudian aduk dan biarkan makaroni matang.

Setelah makaroni matang, masukkan bahan-bahan lainnya seperti susu dan keju, kemudian aduk hingga keju meleleh dan tercampur rata dengan makaroni. Mac and cheese yang praktis pun siap untuk disantap.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa Anda masak di rice cooker. Bagaimana, alat yang satu ini sangat multifungsi, kan? Selamat mencoba, ya!

Selanjutnya: Pembiayaan multifinance ke sektor properti masih hadapi tantangan berat

Editor: Kania Paramahita
Terbaru