Sequoia Southeast Asia dan India Gelar Pendanaan ke Startup

Reporter: Danielisa Putriadita
Rabu, 25 Januari 2023 | 15:34 WIB
Sequoia Southeast Asia dan India Gelar Pendanaan ke Startup

ILUSTRASI. 12 founder perempuan yang ambisius nan tangguh, yang membangun bisnis luar biasa di sektor teknologi iklim (climate tech), teknologi kesehatan (healthtech), SaaS, B2B, web3, internet konsumen, dan D2C di wilayah tersebut.


MOMSMONEY.ID - Sequoia Southeast Asia dan India meluncurkan program Sequoia Spark Fellowship, yaitu program dana hibah dan bimbingan senilai US$ 100.000 kepada pengusaha wanita. Pengusaha asal Indonesia juga ada yang mendapatkan pembiayaan usaha. 

Program pendanaan ini sudah berlangsung sebanyak dua periode atawa kohort kedua (Spark 02). Spark 02 meliputi 12 pendiri perempuan berambisi yang berusaha memecahkan berbagai masalah di berbagai sektor dan industri seperti teknologi iklim, teknologi kesehatan, SaaS, B2B, web3, internet konsumen dan D2C. 

Sedangkan, Spark 01 merupakan kohort yang terdiri dari 15 perusahaan dan 20 pendiri perempuan. Per Desember 2022, 10 dari 15 startup ini telah mendapatkan pendanaan tahap awal dan Seri A dari berbagai perusahaan venture capital dan angel investor di kawasan ini, dan satu telah diakuisisi oleh Wipro, dengan total modal US$51 juta pasca Spark. Hal ini  menunjukkan bahwa mereka sedang membangun bisnis teknologi yang berkembang dan disruptif. 

Kami sangat senang dengan keberhasilan kohort pertama dan sangat bersemangat dengan potensi para founder dalam Spark 02. Program fellowship Sequoia Spark lahir dari keinginan dan komitmen untuk meningkatkan jumlah founder perempuan di wilayah ini dan berperan dalam mendukung tahap awal perjalanan mereka, terutama ketika akses menjadi tantangan,” jelas Sakshi Chopra, MD, Sequoia India dalam keterangan tertulis. 

Adapun pengusaha asal Indonesia yang mendapatkan pendanaan adadalah pendiri Fairatmos, Natalia Rialucky Marsudi  yang memberdayakan petani dan masyarakat kecil di Indonesia dengan membuat pasar kredit karbon agar dapat diakses oleh mereka. 

Sakshi mengatakan program Spark telah dirancang dengan seksama untuk membantu para founder perempuan membangun dasar dari sebuah perusahaan yang bertahan lama. Seiring dengan kurikulum yang ketat, masing-masing founder telah dijodohkan dengan founder startup berpengalaman dari portofolio Sequoia Asia Tenggara dan India untuk bimbingan satu lawan satu selama program berlangsung. Bimbingan dalam program ini akan menjadi landasan penting dalam membangun produk yang kuat dan peta jalan masuk ke pasar yang, akan membantu memobilisasi putaran penggalangan dana pertama mereka. 

Selain itu, penasihat investasi senior dari Sequoia Southeast Asia dan India juga akan membimbing mereka selama program berlangsung. Para founder Spark 02 juga akan memiliki akses untuk memilih sesi Surge, dan mendapatkan bantuan langsung dari Sequoia Southeast Asia dan spesialis portofolio India dari perekrutan, produk, hukum, keuangan, produk, teknologi, hingga pemasaran. 

Ekosistem startup di kawasan ini berada pada titik yang sangat penting. Semakin banyak orang mengakui bahwa keragaman memberi dampak baik untuk bisnis, masyarakat, dan ekonomi. Sequoia Southeast Asia dan India berharap dapat berkolaborasi dengan pendanaan lain dan angel investor untuk mendukung para founder Spark dalam perjalanan mereka – dan untuk menginspirasi generasi founder perempuan berikutnya. 

 

Selanjutnya: 5 Tips Aman Menyimpan ASI dalam Kulkas Tanpa Kontaminasi Bakteri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Danielisa Putriadita

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER