Keluarga

Seperti Apa Kucing yang Mengalami Obesitas? Ini Ciri-Cirinya

Seperti Apa Kucing yang Mengalami Obesitas? Ini Ciri-Cirinya

MOMSMONEY.ID - Obesitas bukan sesuatu yang hanya bisa terjadi pada manusia. Faktanya, kucing peliharaan di rumah juga bisa mengalami masalah kesehatan yang satu ini, lo.

Dilansir dari PetMD, kucing dianggap mengalami obesitas jika berat badannya melebihi 20% dari berat idealnya.

Obesitas merupakan masalah kesehatan yang umum ditemukan pada kucing peliharaan dan bisa menimbulkan sederet masalah kesehatan lainnya, mulai dari sistem imun yang melemah, arthritis, hingga gangguan sistem metabolisme.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Rabies pada Kucing Peliharaan

Salah satu tanda atau ciri-ciri kucing yang mengalami obesitas adalah kenaikan berat badan yang signifikan. Namun, ada juga ciri-ciri lainnya yang perlu diketahui.

Merangkum penjelasan dari wagwalking.com dan vcahospitals.com, berikut beberapa ciri-ciri kucing yang mengalami obesitas.

Lebih banyak bermalas-malasan

Kucing yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas akan cenderung lebih banyak bermalas-malasan, misalnya hanya duduk atau tidur-tiduran seharian tanpa ingin bangun dan bergerak.

Tak hanya itu, mereka juga kerap mengalami kesulitan untuk melompat atau memanjat sesuatu, misalnya menaiki tangga.

Jika kucing peliharaan Anda menunjukkan perubahan perilaku seperti di atas, maka ada kemungkinan mereka mengalami obesitas dan perlu penanganan dokter.

Tulang rusuk atau panggulnya tidak terasa

Keberadaan tulang rusuk dan/atau tulang panggul yang terasa pada kucing merupakan salah satu indikator penting yang menentukan apakah kucing peliharaan Anda mengalami obesitas atau tidak.

Untuk memeriksa keberadaan tulang rusuk pada kucing, tempelkan telapak tangan Anda pada bagian rusuk si kucing. Jika Anda bisa merasakan tulang rusuknya tanpa harus menekan terlalu dalam, maka si kucing memiliki berat badan yang tergolong normal.

Namun, jika Anda tidak bisa merasakan tulang rusuk si kucing, maka ada kemungkinan mereka mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Baca Juga: Jadi Simbol Keberuntungan, Ini Fakta Seputar Kucing Japanese Bobtail

Terlihat rata dari atas

Selain merasakan tulang rusuk si kucing, Anda juga bisa memeriksa bagian atas tubuh kucing untuk menentukan apakah mereka mengalami obesitas.

Caranya, cukup perhatikan kucing Anda dari atas. Jika bagian pinggang dan pinggulnya tidak terlihat, maka kemungkinan si kucing kelebihan berat badan.

Sebagai tambahan, kucing yang mengalami obesitas juga bisa terlihat seperti persegi panjang jika dilihat dari atas, dan/atau bagian punggungnya terlihat rata.

Itulah beberapa ciri-ciri kucing yang kemungkinan mengalami obesitas. Jika Anda curiga si kucing mengalami obesitas, bawalah ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa dan mendapatkan diagnosis yang tepat.

Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News