Keluarga

Sepatu Converse Anda Kotor? Begini Lo Cara Mencucinya Dengan Tepat

Sepatu Converse Anda Kotor? Begini Lo Cara Mencucinya Dengan Tepat

MOMSMONEY.ID -  Coba perhatikan apakah sepatu Converse Anda mudah kotor karena dipakai untuk aktivitas harian? Jika sepatu Anda kotor, yuk simak cara membersihkan sepatu Converse Anda.

Sepatu Converse pasti sering Anda gunakan untuk berjalan di medan apapun. Mulai dari lantai mall yang berdebu hingga di tanah basah yang menyebabkan lumpur menempel. Nah jika sepatu Anda sudah kotor, sebaiknya Anda simak cara mencuci sepatu Converse di bawah ini.

Baca Juga: Yuk Habiskan Waktu Berkualitas Bersama Selama Musim Liburan Mendatang

Melansir The Spruce, untungnya sepatu Converse adalah salah satu model sepatu yang mudah dibersihkan karena bahan canvas yang tidak mudah rusak. Namun Anda tetap perlu menyimak cara mencuci sepatu Converse yang tepat sepaya tidak mudah rusak. 

Sebelum menyimak cara membersihkan sepatu Converse, siapkan peralatan yang dibutuhkan. Anda membutuhkan kuas berbulu lembut, mangkok kecil, spons atau kain mikrofiber. Siapkan juga detergen lembut, spons melamin, tisu, dan semprotan. 

Begini cara mencuci sepatu Converse

Lepaskan dan bersihkan tali sepatu
Anda perlu melepaskan tali sepatu supaya bisa membersihkan bagian dalam dan bagian lidah sepatu. Setelah tali sepatu dilepaskan, rendam tali sepatu di dalam mangkok yang berisi air hangat dan beberapa tetes detergen atau sabun pencuci piring. Biarkan hingga Anda selesai membersihkan sepatu, kemudian sikat dengan sikat berbulu lembut dan bilas.

Bersihkan kotoran bagian luar sepatu
Jika sepatu Anda berlumpur, biarkan lumpur mengering kemudian sikat untuk menghilangkannya. Setelah itu, bersihkan bagian yang kotor lainnya. 
Anda perlu mencampurkan air hangat dengan detergen ringan ke dalam mangkok. Celupkan spons atau kain mikrofiber ke dalam larutan, peras sampai tidak menetes. 
Gosok sepatu Anda dengan lembut untuk menghilangkan kotoran dari kanvas dan sol luar. Bilas kain sesering mungkin. Jika ada goresan pada sol luar, celupkan spons melamin ke dalam larutan pembersih dan gosok sol dengan lembut. Jangan gunakan spons melamin pada kanvas atau bagian atas kulit. 

Bersihkan bagian dalam sepatu
Buat campuran pembersih lagi untuk bagian dalam sepatu. Gunakan air hangat dan detergen ringan dan celupkan kain mikrofiber ke dalam larutan. Kemudian lap bagian dalam sepatu. 

Keringkan sepatu Converse Anda
Setelah sepatu bersih, Anda perlu mengeringkannya sebelum digunakan. Untuk tetap menjaga bentuk sepatu, isi bagian dalam dengan tisu kemudian angin-anginkan saja. Jika sepatu cukup lembap, ganti tisu setelah satu jam. 

Baca Juga: Tips Alokasi Keuangan Kala Ramadan

Demikian cara mencuci sepatu Converse Anda yang sudah kotor. Produsen sepatu ini menyarankan agar sepatu Converse tidak dicuci dengan mesin cuci atau menggunakan mesin pengering. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News