Keluarga

Separuh Lebih Kendaraan Pemudik Belum Kembali, Hindari Puncak Arus Balik

Separuh Lebih Kendaraan Pemudik Belum Kembali, Hindari Puncak Arus Balik

MOMSMONEY.ID - Hingga Kamis (27/4) atau H+4 Lebaran, masih ada sekitar 55,8% kendaraan yang belum kembali ke Jakarta melalui Jalan Tol Trans Jawa. 

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk menghindari melakukan perjalanan balik pada Minggu dan Senin (30 April dan 1 Mei 2023) yang diprediksi menjadi puncak arus balik Lebaran periode kedua.

Untuk memastikan penanganan arus balik berjalan dengan lancar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi melakukan rapat koordinasi dan peninjauan di Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70.

Serta, melakukan pemantauan dari udara menggunakan helikopter untuk melihat langsung situasi pergerakan kendaraan pada arus balik di jalan tol maupun jalan arteri.

Baca Juga: Info Jalan Tol Hari Ini, Rekayasa Lalu Lintas One Way Satu Arah Mulai Jam Berikut

"Kita masih ada 5 hari lagi sampai dengan tanggal 1 Mei 2023 nanti untuk menjaga kelancaran arus balik," kata Budi dalam keterangan tertulis, Kamis (27/4).

"Karena masih ada Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh di hari Minggu (30/4) nanti, maka kecenderungannya masyarakat akan melakukan perjalanan balik di hari Minggu atau Senin depan," ujarnya.

Selain Lebaran Kupat, Menteri Perhubungan mengungkapkan, ada pergerakan kendaraan di kawasan aglomerasi seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya pada akhir pekan ini.

Pergerakan tersebut akan menambah jumlah pergerakan kendaraan yang berpotensi terjadi kemacetan total jika dibiarkan.

Baca Juga: Diskon Tarif Tol 20% Masih Berlaku untuk Arus Balik, Begini Detailnya

Untuk itu, Budi mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan perjalanan balik mulai Kamis, Jumat, serta Sabtu (27-29 April 2023) untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik pada Minggu dan Senin (30 April dan 1 Mei 2023).

"Selama tiga hari ini, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20%. Manfaatkan tiga hari ke depan untuk perjalanan balik, jangan di hari Minggu atau Senin," ungkap dia.

Budi berharap, penanganan arus balik bisa sebaik apa yang dilakukan pada arus mudik. 

"Beberapa hari ke depan masih ada ujian yang harus dilewati. Kalau ini berjalan lancar hingga tanggal 1 Mei nanti, Insyaallah harapan mudik yang aman dan berkesan ini bisa terwujud," ucap Menteri Perhubungan.

Baca Juga: Hari Ini, 12 Ruas Jalan Tol Kasih Diskon 20% untuk Arus Balik Lebaran

Kakorlantas Polri mengingatkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik agar selalu waspada dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara. 

"Dengan lalu lintas yang cukup lancar menuju Jakarta, agar jangan terlalu buru-buru ingin sampai dan perhatikan batas kecepatan kendaraan," kata Firman.

Dia mengungkapkan, rekayasa lalu lintas seperti contra flow, one way, serta rekayasa lainnya masih akan terus dilakukan sampai akhir pekan, dengan tetap melihat situasi dan kondisi lapangan (situasional). 

Firman juga mengingatkan masyarakat untuk memastikan saldo kartu elektronik pembayaran tol masih mencukupi, sehingga tidak menimbulkan antrean karena harus mengisi saldo di gerbang tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News