Sendawa Bau? Mungkin Ini Penyebabnya yang Harus Anda Ketahui

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 14 Agustus 2022 | 06:25 WIB
Sendawa Bau? Mungkin Ini Penyebabnya yang Harus Anda Ketahui


MOMSMONEY.ID - Sendawa bau dapat terjadi apabila udara yang dikeluarkan bercampur dengan gas lain seperti hidrogen sulfida.

Sendawa sebenarnya adalah bagian yang normal dari proses pencernaan. Manusia bersendawa rata-rata sebanyak 14-23 kali perhari. 

Terkadang seseorang bersendawa bau mungkin mengalami gangguan seperti tukak lambung, penyakit refluks Gastroesofageal (GERD), atau gastritis, dikutip dari Medical News Today.

Sendawa bau yang muncul sesekali biasanya bukan merupakan suatu kondisi yang berbahaya. Akan tetapi, apabila sendawa bau terjadi terlalu sering, Anda harus mewaspadainya. 

Pasalnya, penyebab sendawa yang berbau tidak enak dapat bervariasi tergantung pada pola makan, kebiasaan, dan gangguan medis tertentu. 

Baca Juga: Apa Itu Capsaicin? Kenali Senyawa Pedas pada Cabai yang Bermanfaat untuk Tubuh

Terdapat sejumlah kondisi yang dapat menjadi penyebab sendawa berbau tidak enak, dikutip dari beberapa sumber, berikut penyebab yang harus Anda ketahui.  

Makan terlalu cepat

Saat makan kita cenderung akan sering menelan udara. Namun jika makan terlalu cepat atau makan dan mengobrol pada saat bersamaan, Anda bisa menelan lebih banyak udara daripada biasanya.  

Untuk mengatasi sendawa bau, luangkan lebih banyak waktu untuk makan dan makan dengan lebih santai, berkonsentrasilah pada mengunyah secara perlahan. 

Makanan tinggi lemak

Makanan berlemak yang mengandung banyak mentega, minyak dan lemak lainnya dapat memicu sendawa bau. Sebab, makanan berlemak tinggi cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. 

Saat proses tersebut berlangsung, zat-zat sisa pencernaan akan bereaksi dengan bakteri di usus besar dan menghasilkan gas berbau sebagai produk sampingan. 

Efek samping obat-obatan

Terkadang, obat-obatan tertentu dapat menyebabkan sendawa yang berbau tidak enak. Misalnya omeprazole yang biasa diberikan untuk mengatasi penyakit pada saluran pencernaan. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Migrain

Terjadi iritasi pada usus besar

Jika Anda bersendawa bersama gejala lainnya seperti kembung, sakit perut, dan konstipasi atau diare (atau keduanya), bisa jadi Anda mengalami sindrom Iritasi Usus Besar (IBS).  

Gangguan kronis ini menyerang lebih banyak perempuan daripada laki-laki. Dalam sebuah studi juga menemukan bahwa sendawa berulang juga merupakan gejala yang sering terjadi. 

Gastroesophageal reflux disease (GERD)

Apabila sendawa yang bau sering kali disertai dengan mulas yang menyerang lebih dari beberapa kali dalam seminggu, kemungkinan Anda menderita GERD. Penyakit ini dapat menyebabkan asam lambung naik dan kembali ke kerongkongan. 

Sendawa bau pada sebagian orang memang wajar dan tidak mengkhawatirkan. Cukup terapkan gaya hidup sehat maka ini akan menghilang sendirinya.  

Kurangi juga merokok atau minum alkohol karena bisa menyebabkan refluks asam lambung dan penyebab sendawa bau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER