HOME, InvesYuk

Sempat Loyo, IHSG Kembali Berotot Berkat Saham Komoditas Ini

Sempat Loyo, IHSG Kembali Berotot Berkat Saham Komoditas Ini

MOMSMONEY.ID - Sempat melemah di perdagangan bursa saham Indonesia, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau pada perdagangan Kamis (29/7). 

Berdasarkan data RTI, IHSG ditutup di level 6.120,73 atau naik 0,53% dari penutupan sebelumnya. Nilai transaksi hari ini mencapai Rp 13,25 triliun dan investor asing membeli saham bersih sebanyak Rp 64 miliar di pasar reguler. Jika dilihat, sebanyak 258 emiten bergerak di zona hijau, 233 emiten bergerak di zona merah dan 165 emiten tak bergerak dari harga sebelumnya. Sementara berdasarkan sektor, tujuh sektor menguat dengan penguatan tertinggi ada di infrastruktur 2,27 persen. Sisanya, tiga sektor melemah dengan sektor industri minus 1,03 persen.

Head of Online Trading PT Ciptadana Sekuritas Asia, Zabrina Raissa mengatakan penguatan IHSG disebabkan beberapa faktor. Pertama, indeks saham di bursa Asia cenderung dibuka naik seiring rilisnya laporan keuangan pada kuartal II-2021. Selain itu, Zabrina melihat penguatan saham juga didorong hasil FOMC meeting. 

Sebelumnya, dalam rapat Federal Open Market Committee (FOMC) memutuskan menahan suku bunga acuan atau Fed Fund Rate (FFR) di kisaran 0-0,25 persen. The Fed juga mempertahankan alokasi pembelian obligasi sebesar US$120 miliar per bulan hingga ada perkembangan lapangan kerja dan inflasi yang substansial. 

"FFR tetap di level 0% sampai 0,25%. Kemudian kondisi ekonomi di Amerika Serikat (AS) semakin membaik ditengah pandemi covid-19," ucap Zabrina.

Faktor terakhir, kata Zabrina adalah harga komoditas batubara yang ditutup naik 2,09%. Hal ini membuat saham-saham berbasis batubara mengalami kenaikan. Karena beberapa faktor itu, Zabrina memproyeksikan besok IHSG menguat di level support 6.057 dan level resistance 6.165. 

Baca Juga: Setelah Kemarin Melemah, IHSG Kamis (29/7) Kembali Menguat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News