HOME, Bugar

Sembuhkan Masalah Kardiovaskular dengan Rutin Minum Teh Melati

Sembuhkan Masalah Kardiovaskular dengan Rutin Minum Teh Melati

MOMSMONEY.ID - Teh melati adalah jenis teh yang populer dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Teh aroma melati dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran, diproduksi dan dikemas dalam berbagai merek. 

Teh melati begitu disukai karena aromanya yang khas dan rasanya yang nikmat. Teh melati adalah teh beraroma bunga dari tanaman melati. Teh ini sebenarnya hanyalah teh biasa yang ditambahkan bunga melati agar tercipta aroma dan rasa yang unik. 

Dalam pembuatannya, bunga melati akan dicampur atau ditempatkan di samping daun teh hijau atau teh hitam agar aromanya meresap.   

Teh melati kaya akan antioksidan polifenol. Antioksidan yang terkandung dalam teh ini dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Oleh sebab itu, teh ini sering dikaitkan dengan banyak manfaat baik bagi tubuh.  

Baca Juga: Hindari 4 Diet Ekstrem yang Membahayakan

Selain itu, teh melati ternyata juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat teh melati yang tidak banyak diketahui.  

1. Dapat membantu menurunkan berat badan

Teh melati dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme. Ia memiliki sifat pembakaran lemak, berkat kandungan kafein dan polifenol antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). 

Minum teh melati akan meningkatkan proses pembakaran lemak dan membantu Anda menurunkan berat badan. 

2. Melindungi kekebalan tubuh

Teh melati dapat membantu melindungi kekebalan tubuh dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan sehingga membantu kita terhindar dari berbagai penyakit. 

Tak hanya diminum, menghirup teh melati secara teratur juga dipercaya mampu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

3. Lindungi kesehatan hati

Manfaat teh melati yang ketiga untuk membantu melindungi kesehatan hati. Teh melati mengandung polifenol tinggi, yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Teh ini juga menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti kadar kolesterol LDL dan trigliserida. 

Baca Juga: Makanan yang Harus Dikonsumsi Penderita Hernia

4. Mencegah masalah kardiovaskular

Teh melati dianggap bisa mencegah masalah kardiovaskular. Sebuah studi mengungkap bahwa senyawa katekin yang ditemukan dalam teh melati merupakan faktor penghambat oksidasi kolesterol jahat yang dapat menyebabkan arteri meradang sehingga memicu terjadinya serangan jantung. 

6. Dapat menurunkan risiko diabetes 

Teh melati yang terbuat dari teh hijau dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 karena adanya epigallocatechin gallate (EGCG) di dalamnya. EGCG dapat membantu tubuh Anda menggunakan insulin dengan lebih efektif dan menurunkan kadar gula darah, sehingga menurunkan risiko diabetes tipe 2. 

Demikian beberapa manfaat teh melati yang bisa Anda rasakan khasiatnya untuk tubuh. Anda bisa mendapatkan teh melati dengan mudah karena tersedia di mana saja.

Selanjutnya: Ini 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Kanker Prostat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News