Santai

Selamat Hari Ibu! 5 Cara Ibu Selalu Bahagia Saat Punya Anak Berkebutuhan Khusus

Selamat Hari Ibu! 5 Cara Ibu Selalu Bahagia Saat Punya Anak Berkebutuhan Khusus

MOMSMONEY.ID - Menjadi ibu dan ayah dari seorang anak berkubutuhan khusus menuntut tanggungjawab yang ekstra. Simak cara ibu selalu bahagia saat punya anak berkebutuhan khusus. 

Anak berkebutuhan khusus adalah keunikan, bukan jadi beban. Seorang anak bahkan tetap lahir dengan potensi yang unik dan luar biasa. Hanya saja, memikiki anak berkebutuhan khusus membuat ibu dan ayah harus punya perhatian ekstra kepada sang buah hati. 

Kasih sayang seorang ibu untuk anaknya berlaku sepanjang masa. Peran seorang ibu sangat penting untuk pendidikan dan tumbuh kembang anaknya, bahkan anak yang masih di dalam kandungan sudah memiliki kemampuan “belajar” dengan merespons atau merekam stimulus dari luar kandungan. 

Terlebih, saat fase tumbuh kembang, anak akan belajar kemampuan sosial dan emosional dari ibunya. Keberhasilan parenting dan pendidikan karakter seorang anak dimulai dari ibu yang bahagia. Apabila seorang ibu merasa bahagia, ia dapat menjalankan perannya dengan emosi yang stabil.

Menjadi seorang ibu yang memiliki anak dengan kondisi khusus tidaklah mudah, perlu jiwa yang tangguh untuk berdamai dan berbahagia dengan kondisi yang ada. Kebahagiaan yang dirasakan seorang ibu dapat memberikan energi positif untuk keluarganya dan lingkungan di sekitarnya. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan pada Ibu Hamil

Menurut Coach Pris, CEO Stress Management Indonesia, ketika seorang Ibu bahagia, Ia akan dapat menerima kondisi anaknya dan berusaha untuk mengoptimalkan potensinya. Maka dari itu, penting buat para Moms untuk menjaga mood tetap bahagia, ya.

Ini cara ibu bisa selalu bahagia di saat punya tanggung jawab ekstra membesarkan anak berkebutuhan khusus:

1. Tidur yang nyenyak

Saat kurang tidur, akan lebih sulit untuk mengendalikan emosi, jadi Moms cenderung bereaksi daripada menanggapi situasi dengan tepat. Plus, insomnia kronis memunculkan segala macam masalah kesehatan dan otak.

Mungkin para Moms tidak mendapatkan waktu tidur yang banyak, tapi dengan waktu yang ada bisa meningkatkan kualitas tidur meski hanya tidur beberapa jam.

2. Meditasi untuk menenangkan pikiran

Meditasi adalah cara yang bagus untuk bersantai dan memulihkan tenaga. Mengambil waktu istirahat, bahkan hanya beberapa menit, untuk berkonsentrasi pada pernapasan sambil mengesampingkan kekhawatiran dapat membantu Moms untuk fokus pada hal-hal penting dalam hidup, terutama sang buah hati.

Lebih lanjut, Moms juga bisa mengikuti program Meditasi Menguasai Pikiran dari Stress Management Indonesia. Melalui program tersebut, Moms bisa coba meditasi yang akan menenangkan emosi dan membantu Moms menguasai pikiran.

Baca Juga: 100 Ucapan Selamat Hari Ibu Bahasa Inggris, Cocok untuk Caption Instagram

3. One Page Miracle

Dengan menentukan dan menuliskan apa yang penting bagi Moms di atas kertas, seperti parenting goals atau cita-cita buah hati, dapat membuat Anda lebih fokus pada tujuan. Hal tersebut bisa membantu Moms untuk lebih mudah mencapai parenting goals.

Dengan kegiatan menulis tersebut, Moms juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, mengurangi kecemasan, dan pastinya merasa lebih bahagia.

4. Kenali jenis otak Moms dan buah hati

Tahukah Moms kalau ternyata kondisi otak setiap orang itu berbeda, lo. Ada lebih dari satu pola otak yang terkait dengan kepribadian dan kesehatan mental. Mengetahui tipe otak Moms serta buah hati dapat membantu Moms lebih mengenal diri sendiri dan buah hati sehingga bisa menjadi lebih percaya diri.

Moms bisa mencoba BASIC Brain Discovery dari Stress Management Indonesia untuk mengetahui tipe otak Moms serta buah hati yang mencerminkan potensi diri. Setelah menemukan kembali diri, semoga Moms terlindungi dari bad day.

Baca Juga: Intip Fitur Baru MIUI 14, Catat Tanggal Rilis dan Daftar HP Xiaomi yang Bisa Update

Itulah empat cara meningkatkan mood bikin ibu bahagia agar terhindar dari bad day. Menjaga kestabilan emosi dan mood itu sangat penting, ya, Moms, karena akan berpengaruh terhadap suasana dan keharmonisan di rumah.

Kebahagiaan yang dirasakan seorang ibu bahkan dapat memberikan energi positif untuk keluarga dan lingkungan di sekitar. Semoga tips-tips tersebut bisa membantu Moms untuk semakin merasa feel-good lagi, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News