HOME, Santai

Selalu Mood Swing Saat PMS? Ini Tips Mudah Untuk Mengatasinya

Selalu Mood Swing Saat PMS? Ini Tips Mudah Untuk Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Satu tanda yang dijadikan acuan seorang wanita sedang dalam masa PMS adalah adanya mood swing atau perubahaan mood yang tak tertebak dan berubah ubah.

Mood swing sendiri memang lebih mudah terjadi saat seorang wanita sedang dalam masa PMS. Hal tersebut disebabkan adanya perubahan hormone menuju masa menstruasi.

Cara untuk menanganinya pun juga cukup mudah dilakukan sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menangani mood swing yang terjadi pada masa PMS.

Baca Juga: Kenali 4 Tanda Terjebak Dalam Hubungan Situationship

Olahraga

Melansir dari laman Health Line, olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk membantu mengontrol emosi dan mood dalam diri seseorang. Misalnya, mengelola perasaan sedih, mudah tersinggung, dan kecemasan yang terjadi saat sedang PMS.

Luangkan kurang lebih 30 menit dalam sehari untuk berolahraga atau sekedar jalan kaki di sekitar kawasan perumahan. Lakukan hal tersebut setidaknya selama seminggu saat masa PMS.

Makan makanan bernutrisi

Makanan bernutrisi seperti buah, sayur, yogurt, susu, ikan, ayam, dan jenis vitamin dengan kandungan B-6 dapat membantu mengontrol gejala PMS yang dirasakan wanita.

Sebisa mungkin hindari untuk mengkonsumsi junk food serta gula, garam, dan lemak dalam jumlah besar. Karena, hal tersebut dapat mempengaruhi gula darah yang dapat membuat seseorang menjadi mudah tersinggung dan kemudian mengalami mood swing.

Baca Juga: Perhatikan Dulu, Ini 6 Tanda Anda Sedang Berada Pada Kondisi Emotional Numbness

Relaksasi

Melakukan relaksasi juga bisa membantu mengontrol mood swing yang terjadi saat PMS. Kegiatan aktif seperti berjalan, olahraga ringan, yoga, dan meditasi adalah beberapa kegiatan relaksasi yang disarankan oleh laman Flo.

Relaksasi sendiri berguna untuk membantu tubuh terasa lebih santai dan terlibat aktif dalam kegiatan relaksasi. Sehingga tubuh menjadi lebih mudah dalam menghadapi perubahan mood yang terjadi saat PMS.

Tidur cukup

Pastikan juga untuk tetap mendapatkan kualitas tidur yang cukup selama masa PMS. Tidur cukup yaitu lima hingga delapan jam sehari bisa membantu tubuh meningkatkan metabolisme dan mengontrol emosi saat sedang PMS.

Jika tubuh berada dalam kondisi sehat dan segar maka mood swing dan juga perasaan mudah tersinggung dapat dihindari saat sedang dalam masa PMS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News