HOME, Bugar

Selain untuk Meredakan Panas, Kenali Manfaat Lainnya dari Obat Paracetamol

Selain untuk Meredakan Panas, Kenali Manfaat Lainnya dari Obat Paracetamol

MOMSMONEY.ID - Paracetamol atau acetaminophen sebenarnya memiliki manfaat utama, yaitu untuk meredakan rasa nyeri dan menurunkan demam.

Namun, selain itu obat yang dijual bebas ini juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan lainnya.

Obat ini sering digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi, nyeri haid, sakit punggung, otot tegang, dan sakit kepala sebelah (migrain), dilansir dari Healthline.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Dapat Membantu Mengobati Sakit Kepala

Obat ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek. Sebab, obat paracetamol dijual secara bebas di pasaran, sehingga Anda tidak memerlukan resep dokter untuk membelinya.  

Namun, Anda tetap harus memperhatikan aturan pakai yang direkomendasikan oleh apoteker atau pada kemasan obat.   

Ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan jika Anda ingin mengonsumsi paracetamol:

1. Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan pada kemasan atau anjurkan dokter

2. Hindari mengonsumsi obat ini lebih banyak dari dosis yang dianjurkan. Jumlah maksimal konsumsi paracetamol untuk orang dewasa adalah 1 gram (1000 miligram) per dosis dan 4 gram per hari.

Baca Juga: Waspada! Sering Batuk Darah Bisa Jadi Gejala Kanker Paru

3. Bila ingin memberikan paracetamol untuk anak, pilihlah paracetamol khusus anak dan ikut petunjuk dosis yang tertera pada label kemasan dengan hati-hati.

4. Hati-hati, jangan mengonsumsi obat lain yang juga mengandung paracetamol ketika sedang mengonsumsi paracetamol.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi paracetamol bila kamu pernah mengalami reaksi alergi terhadap paracetamol atau obat lainnya di masa lalu.  

Meskipun paracetamol bisa digunakan untuk mengobati masalah kesehatan lainnya, pastikan Anda benar-benar memahami manfaat dan efek sampingnya.

Jika Anda belum memahami, sebaiknya tanyakan terlebih dulu pada dokter atau apoteker untuk mencegah terjadinya kesalahan informasi obat paracetamol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News