Keluarga

Selain untuk Masak, 5 Rempah-rempah Ini juga Bisa Mempercantik Kulit Lho!

Selain untuk Masak, 5 Rempah-rempah Ini juga Bisa Mempercantik Kulit Lho!

MOMSMONEY.ID - Di tengah gempuran produk skincare yang semakin variatif, perawatan kulit dengan bahan alami tetap memiliki tempat tersendiri di hati para peminat kecantikan. Mungkin Anda sering menjumpai tips kecantikan alami yang memanfaatkan bahan-bahan familiar seperti alpukat, minyak kelapa, atau beras. Padahal, masih banyak bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit termasuk rempah-rempah.

Tak melulu untuk masak, ternyata rempah-rempah dapat menjadi produk yang mujarab untuk membantu meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit. Khasiat tersebut tentu tidak bisa dipisahkan dari nutrisi serta sifat antioksidan, antiseptik, dan anti-inflamasi yang ada di dalam rempah-rempah.

Perlu Anda simak, berikut 5 rempah-rempah yang bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit sebagaimana dilansir dari Vasant Masala.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Keputihan

1. Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang menyimpan segudang manfaat kesehatan dan kecantikan. Kunyit memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk membantu melawan peradangan. Kunyit juga mampu membantu memerangi radikal bebas, meningkatkan penampilan kulit, mempercepat penyembuhan luka, serta memperlambat proses penuaan.

Selain mencampurkannya ke dalam masakan, Anda juga bisa mendapatkan manfaat kunyit untuk kulit dengan menjadikannya masker. Untuk membuat masker kunyit, cukup campurkan 1 sendok teh kunyit dengan 3 sendok makan susu cair dan beberapa tetes madu.

2. Lada

Di dalam lada terdapat bahan aktif bernama capsaicin yang bisa membantu mengurangi pigmentasi jerawat dan menenangkan kemerahan pada kulit. Capsaicin dapat bekerja untuk membersihkan darah kotor dan racun yang pada gilirannya akan mencegah timbulnya jerawat. Selain capsaicin, lada juga tinggi vitamin C, vitamin E, vitamin B6, dan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mendukung produksi kolagen yang berperan pada elastisitas kulit.

Anda bisa mengolah lada menjadi scrub dengan mencampurkan sejumput lada hitam dan 1 sendok makan yogurt.

3. Adas

Jika Anda memiliki kulit sensitif, adas dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan. Termasuk antiseptik alami, adas juga ideal untuk kulit berminyak dan berjerawat karena mampu membantu menghilangkan kotoran serta kuman penyebab jerawat. Adapun kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang ditemukan dalam adas bermanfaat untuk melawan kerutan serta menghilangkan bintik hitam dan pigmentasi.

Rendam 1 sendok teh biji adas dalam secangkir air dan gunakan sebagai face mist. Atau, campurkan 1 sendok makan biji adas dengan 2 sendok makan oat dan sedikit air untuk membuat masker eksfoliasi.

4. Jintan

Jintan atau jinten mengandung antioksidan berkonsentrasi tinggi yang bisa memerangi peradangan dan memperbaiki kerusakan kulit sekaligus membuatnya tetap terlihat segar. Rempah-rempah ini memiliki sifat antibakteri, antimikroba, anti-inflamasi, dan anti-aging yang membantu menenangkan kulit dan membersihkannya dari noda. Jintan juga memiliki kemampuan meningkatkan pertumbuhan rambut dan membantu pengobatan rambut rontok serta ketombe.

Anda dapat merendam segenggam biji jintan dalam air semalaman sebelum diblender menjadi pasta dan mengoleskannya ke wajah. Apabila Anda ingin menggunakan jintan sebagai serum rambut, campurkan saja minyak jintan hitam dan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama.

5. Jahe

Jahe memiliki efek toning dan antioksidan yang membantu mengurangi bekas luka dan bintik hitam. Antioksidan dalam jahe memiliki sifat anti-aging yang bermanfaat untuk menghambat kerusakan akibat radikal bebas, menyeimbangkan warna kulit, dan meningkatkan elastisitas. Tak sampai di situ, jahe juga mengandung senyawa anti-inflamasi, mineral, dan bahan pencerah kulit yang bagus untuk penderita rosacea, jerawat, eksim, psoriasis, hingga kulit bertekstur.

Manfaat jahe dapat Anda peroleh dengan mengonsumsinya dalam bentuk teh. Bisa juga menggunakannya dalam bentuk masker untuk mencerahkan wajah. Untuk membuat masker jahe, campurkan jahe parut atau bubuk, madu, dan jus lemon segar dengan perbandingan yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News