HOME, Keluarga

Selain Teh Hijau, Ini 4 Jenis Teh Lainnya yang Bisa Bikin Kulit Glowing

Selain Teh Hijau, Ini 4 Jenis Teh Lainnya yang Bisa Bikin Kulit Glowing

MOMSMONEY.ID - Teh termasuk minuman favorit banyak orang di dunia terutama di negara-negara Asia. Hal ini dikarenakan teh memiliki cita rasa yang khas dan nikmat serta menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Hingga saat ini, sudah ada sekitar 3.000 lebih varietas teh yang tersebar di segala penjuru dunia. Salah satu jenis teh yang populer adalah teh hijau atau green tea. Kaya antioksidan seperti EGCG, teh hijau memiliki manfaat yang melimpah termasuk menyehatkan kulit sekaligus menjadikannya glowing.

Selain teh hijau, ternyata masih banyak jenis teh lainnya yang bermanfaat untuk membuat kulit glowing, meningkatkan produksi kolagen, serta mengatasi berbagai kondisi kulit seperti rosacea lho Moms. Melansir My Organic Zone, inilah empat jenis teh di samping teh hijau, yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Baca Juga: Pahami 4 Bahaya Sinar UV Bagi Kesehatan Kulit dan Rambut

1. Teh melati

Teh melati

Teh melati atau jasmine tea tidak hanya memiliki sifat antioksidan, tetapi juga sifat antibakteri yang bagus untuk membantu menyembuhkan luka dan bekasnya baik pada wajah maupun tubuh. Manfaat lain dari teh melati yaitu membantu menjaga elastisitas kulit, meningkatkan produksi kolagen, meratakan warna kulit, meringankan hiperpigmentasi, dan meminimalkan garis-garis halus.

Saat dioleskan secara langsung pada kulit, kelopak bunga melati yang ada di dalam teh ini akan membawa kelembaban guna membantu mengurangi iritasi dan kekeringan. Selain baik untuk kesehatan kulit, teh melati juga merupakan pilihan yang tepat untuk membantu mengurangi kecemasan dan stres berkat sifatnya yang sangat menenangkan.

2. Teh rooibos

Teh rooibos

Teh rooibos atau red bush tea kaya akan AHA, vitamin, serta mineral lainnya terutama zinc. Kandungan AHA di dalam teh rooibos efektif untuk membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, mengobati dan mencegah jerawat, mengurangi perubahan warna, meningkatkan sirkulasi dan penyerapan produk, mencerahkan, menghaluskan, serta memontokkan kulit.

Adapun kandungan zinc yang ditemukan dalam teh rooibos diklaim dapat membantu memperbaiki kulit yang terluka, mendukung produksi kolagen, dan mengendalikan peradangan. Yang tidak kalah penting, teh rooibos juga mengandung flavonoid tingkat tinggi sehingga dapat sekaligus mengobati gejala kondisi kulit seperti eksim dan rosacea.

3. Teh calendula

Teh calendula

Calendula atau bunga marigold telah digunakan selama berabad-abad sebagai agen penyembuhan kulit secara alami. Berkat sifat antiseptik yang ada di dalamnya, calendula dapat membantu mengobati lecet ringan, ruam, dan kondisi kulit inflamasi lainnya. Bahkan, calendula khususnya ekstrak calendula tergolong efektif untuk mengobati jerawat dan kulit kering yang meradang serta dapat membantu merangsang produksi kolagen.

Sama halnya dengan teh rooibos, teh calendula juga mengandung flavonoid yang tinggi sehingga tidak hanya dapat membantu merawat kondisi kulit tetapi juga mampu memberikan kulit perlindungan terhadap stresor lingkungan seperti polusi dan radiasi UV.

4. Teh chamomile

Teh Chamomile

Dikenal karena sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antiseptiknya, teh chamomile memiliki kemampuan yang sempurna untuk membantu mengatasi jerawat, bekas jerawat, hiperpigmentasi, luka ringan, serta kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim. Ketika dioleskan pada kulit, teh chamomile mampu meminimalkan munculnya lingkaran hitam dan mengurangi bengkak di sekitar mata.

Jika Anda sedang berjuang dengan masalah kecemasan atau insomnia, teh chamomile sangat layak untuk dicoba guna membantu merelakskan tubuh dan menginduksi tidur. Pada gilirannya, rutin mengonsumsi teh chamomile akan meningkatkan kualitas tidur sekaligus membuat kulit menjadi jauh lebih sehat. Untuk hasil yang maksimal, minumlah segelas teh chamomile pada malam hari sebelum tidur dan dapatkan kulit yang bercahaya pada keesokan paginya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News