Bugar

Selain Susu, Ini 5 Makanan dan Minuman yang Mengandung Kalsium Tinggi

Selain Susu, Ini 5 Makanan dan Minuman yang Mengandung Kalsium Tinggi

MOMSMONEY.ID - Kalsium adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan serta pemeliharaan tulang dan gigi.

Selain itu, kalsium juga diperlukan untuk mendukung fungsi sistem saraf, kontraksi otot, dan pembekuan darah.

Seseorang yang mengalami kekurangan kalsium akan rentan mengalami masalah kesehatan, seperti osteoporosis dan rakitis.

Pada anak, kurangnya asupan kalsium dapat menyebabkan terhambatnya tumbuh kembang.

Baca Juga: Kenali Manfaat Jeruk Nipis, Bisa Sembuhkan Batuk sampai Gangguan Pencernaan

Seperti yang dilansir dari National Health Service UK dan Kids Health, berikut ini adalah makanan dan minuman yang mengandung kalsium, antara lain: 

Ikan salmon

Jenis ikan lain yang juga mengandung kalsium tinggi adalah ikan salmon. Di dalam ikan salmon terdapat sekitar 40 mg kalsium. 

Ikan salmon tidak hanya mengandung kalsium, tetapi juga mengandung vitamin D yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

Yoghurt

Jika mengonsumsi yogurt dalam satu cangkir ukuran kecil, tubuh sudah mengantongi 245 gram kalsium. Itu artinya, sebanyak 23 persen asupan harian sudah terpenuhi. 

Selain benefit kalsium yang didapatkan, rutin minum yogurt juga baik untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Sebab, kandungan probiotik yang terdapat didalamnya membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit yang disebutkan di awal.

Tahu

Tahu sudah lama dikenal sebagai sumber protein. Tidak hanya itu, tahu juga termasuk makanan mengandung kalsium yang baik untuk tubuh.

Di dalam satu mangkuk kecil atau setara dengan 260 gram tahu, terkandung setidaknya 832 mg.

Baca Juga: Lelah Bekerja? Ini 5 Cara Meredakan Stres secara Efektif

Pakcoy

Pakcoy merupakan sayuran yang tinggi akan kalsium, magnesium, dan vitamin K. Anda bisa mendapatkan manfaat dari makanan mengandung kalsium ini dengan cara menumis, mengukus, atau merebusnya.

Kacang almond

Di antara beberapa jenis kacang-kacangan, almond merupakan sumber kalsium paling tinggi. Di dalam 15 gram kacang almond, terdapat 40 mg kalsium yang bisa Anda peroleh.

Asupan kalsium harian dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan dan minuman di atas. Jika masih kurang, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News