Santai

Selain PHK Massal Google, Ini 5 Perusahaan akan Pangkas Karyawan Ada Spotify

Selain PHK Massal Google, Ini 5 Perusahaan akan Pangkas Karyawan Ada Spotify

MOMSMONEY.ID - Awal 2023 jadi tahun yang berat bagi perusahaan teknologi. Micorosoft, Google, dan Amazon harus melakukan efisiensi dan berujung pada PHK masal. 

Melansir Business Insider, Google baru saja mem-PHK 12.000 karyawan. Menambah daftar panjang PHK massal yang dilakukan Microsoft dan Amazon menjadi total 40.000 karawan. 

Mengutip Kompas, di akhir Januari 2023, beberapa perusahaan teknologi dunia mengumumkan rencana PHK massal kepada karyawannya. Termasuk, ByteDance dan Vimeo. 

Baca Juga: 7 Kandungan Skincare yang Berbahaya untuk Kesehatan Kulit, Waspada!

Daftar perusahaan teknologi dunia yang bakal melakukan PHK massal di 2023

1. Spotify

Perusahaan aplikasi layanan musik dan podcast ini mengumumkan rencana PHK terhadap karyawannya. Hal ini disampaikan oleh CEO Spotify Daniel Ek melalui situs resmi perusahaan. 

Spotify berencana melakukan PHK kepada 6% dari total karyawan untuk mengurangi biaya operasional. Perusahaan ini diketahui memiliki sekitar 9.800 karyawan per Setember 2022. 

2.Verily

Anak perusahaan Alphabet Inc yang bergerak di bidang penelitian kesehatan ini berencana melakukan PHK masal 15% dari total kayawannya. CEO Verily Stephen Gillet mengatakan, rencana ini perlu dilakukan sebagai upaya restrukturisasi. 

Rencana PHK masal 15% Verily ini akan berdampak pada 240 karyawan. Upaya restrukturisasi ini dimaksudkan sebagai upaya perusahaan untuk mandiri secara finansial dari Alphabet Inc. 

3. ByteDance

Induk perusahaan TikTok ini ternyata telah melakukan PHK pada akhir 2022. Perusahaan yang berkantor pusat di China tengah melakukan efisiensi biaya operasional. 

PHK masal ByteDance ini telah mempengaruhi karyawan di Douyin, TikTok versi China. Namun, belum ada angka pasti terkait PHK yang dilakukan ByteDance. 

Baca Juga: Google PHK 12.000 Karyawan, 12 Perusahaan Teknologi Tidak Kurangi Pekerja

4. Vimeo

Vimeo mengumumkan rencananya melakukan PHK kepada 11% ari total karyawan yang mereka miliki. Pengurangan ini dilakukan karena kondisi ekonomi yang tak pasti. 

Divisi yang paling terdampak di Vimeo terhadap PHK masal ini adalah divisi penjualan serta riset dan pengembangan (R&D). Adapun per Desember 2021 Vimeo diketahui memiliki 1.200 karyawan lebih. 

Tapi, jumlah tersebut telah berkurang karena Vimeo melakukan PHK kepada 6% karyawannya pada 6 Juli 2022.

5. Salesforce

Perusahaan perangkat lunak yang satu ini mengumumkan rencana PHK kepada 10% dari total karyawan yang mereka miliki. Salesforce juga berencana menutup beberapa kantornya. 

Rencana PHK ini diawali dengan langkah perusahaan yang merekrut banyak karyawan di awal pandemi Covid-19. Tapi, saat pandemi mereda, ekonomi global anjlok dan berdampak ke bisnis perusahaan. 

Per Oktober 2022, Salesforce dikabarkan memiliki 79.824 karyawan. Jika akan PHK 10% karyawan, maka akan ada 7.982 karyawan terdampak.

Demikian daftar perusahaan teknologi dunia yang bakal lakukan PHK kepada ratusan karyawannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News