Bugar

Selain Obesitas, Ini 5 Bahaya Badan Terlalu Gemuk yang Harus Diwaspadai

Selain Obesitas, Ini 5 Bahaya Badan Terlalu Gemuk yang Harus Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa bahaya badan terlalu gemuk untuk kesehatan yang harus diwaspadai.

Badan terlalu gemuk atau obesitas merupakan kondisi akibat penumpukan lemak pada tubuh, dan menjadi masalah kesehatan yang memerlukan perhatian khusus.

Pasalnya, jumlah kasus obesitas terus meningkat secara keseluruhan. Peningkatan angka tersebut pada akhirnya juga memengaruhi dampak dari obesitas.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab obesitas, mulai dari faktor genetik hingga pola makan tidak sehat seperti stress eating. 

Bagi orang yang memiliki badan terlalu gemuk, keluhan pertama yang mungkin dirasakan adalah mudah mengalami kelelahan. 

Baca Juga: Jenis Makanan dan Aturan untuk Diet Raw Food

Tidak hanya itu, mengutip dari Healthline, ada banyak gangguan kesehatan dan bahaya memiliki badan yang terlalu gemuk, antara lain: 

1. Rentan depresi

Bahaya memiliki badan yang terlalu gemuk pertama adalah rentan depresi. Depresi juga dapat timbul ketika seseorang memiliki badan terlalu gemuk.

Pasalnya, orang yang memiliki tubuh terlalu gemuk mungkin untuk mengalami diskriminasi atau perundungan atawa bullying karena badannya yang besar. 

Tindakan bullying yang dialami kemudian bisa menimbulkan perasaan sedih dan tidak percaya diri, sehingga meningkatkan risiko depresi. 

2. Penyakit kanker

Bahaya memiliki badan yang terlalu gemuk kedua adalah kanker. Anda berisiko untuk terkena penyakit kanker bila memiliki badan yang terlalu gemuk.

Kegemukan bisa menyebabkan tubuh rentan mengalami peradangan kronis dan mengakibatkan kerusakan DNA pada sel tubuh, sehingga menyebabkan kanker. 

Beberapa jenis kanker yang kerap diderita oleh orang bertubuh gemuk antara lain kanker payudara, kanker usus besar, kanker kandung empedu, dan kanker pankreas.

Baca Juga: Kenali Sederet Manfaat Rebung untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan

3. Peradangan

Bahaya memiliki badan yang terlalu gemuk selanjutnya adalah lebih berisiko terhadap stroke akibatnya adanya peradangan.

Peradangan ini terjadi karena penumpukan jaringan lemak berlebih yang menghambat aliran darah, sehingga risiko stroke pun bisa terjadi. 

4. GERD atau penyakit asam lambung

Bahaya memiliki badan yang terlalu gemuk terakhir adalah GERD atau penyakit asam lambung. Anda berisiko lebih tinggi untuk terkena GERD jika memiliki badan yang terlalu gemuk.

Hal ini karena kelebihan berat badan yang Anda alami bisa meningkatkan tekanan pada perut yang kemudian dapat memicu kenaikan asam lambung. 

Itulah beberapa bahaya memiliki badan yang terlalu gemuk dan perlu Anda waspadai. Mulai lakukan pola hidup sehat untuk mencegahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News