Bugar

Selain Nikmat, Inilah Manfaat Kangkung yang Bisa Anda Rasakan untuk Tubuh

Selain Nikmat, Inilah Manfaat Kangkung yang Bisa Anda Rasakan untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Kangkung adalah tanaman yang banyak ditemukan di negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kangkung ada dua jenis, yakni kangkung air dan kangkung darat.

Kedua tanaman ini sama-sama merupakan tanaman herba. Bahkan, Anda mungkin salah satu penyuka berbagai kuliner yang berasal dari tanaman ini.  

Selain mudah diolah menjadi makanan, manfaat kangkung untuk kesehatan sangat banyak. Dikutip dari beberapa sumber, inilah manfaat kangkung, di antaranya sebagai berikut:

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Apa Saja Manfaat Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan jantung

Kangkung juga disebut-sebut dapat menyehatkan jantung karena kandungan vitamin A dan C. Selain itu, kangkung juga memiliki sifat antioksidan.  

Manfaat daun kangkung sebagai antioksidan karena memiliki kandungan beta-karoten. Zat antioksidan ini dapat mencegah penyumbatan arteri jantung karena adanya kolesterol.

Menjaga kesehatan mata

Konsumsi kangkung dapat membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini karena kandungan beta karoten yang cukup tinggi pada kangkung berperan dalam melindungi sel-sel mata dari kerusakan.

Melawan radikal bebas

Selain dari vitamin A dan vitamin C, kangkung juga mengandung berbagai macam senyawa tanaman dengan aktivitas antioksidan, misalnya falvonoid, asam palmitat, dan phytol.  

Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang bisa menjadi penyebab kerusakan DNA, sel, jaringan, dan bahkan organ tubuh. 

Jika dibiarkan, radikal bebas berlebih dalam tubuh bisa memicu beragam penyakit serius, seperti diabetes dan kanker.   

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi! 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut 

Mengobati anemia

Manfaat kangkung lainnya juga baik untuk ibu hamil. Pasalnya daun kangkung yang tinggi zat besi akan mencegah ibu hamil mengalami anemia, karena ibu hamil sangat membutuhkan zat besi tambahan dalam makanannya setiap hari.  

Mengobati penyakit kuning dan masalah liver

Sayuran kangkung juga telah digunakan dalam pengobatan penyakit kuning dan masalah liver yang diduga dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati akibat bahan kimia akibat modulasi enzim detoksifikasi.  

Meski manfaat kangkung ada banyak, mengonsumsi berbagai variasi makanan sehat adalah pilihan yang lebih baik. Jadi, konsumsilah kangkung bersama makanan bernutrisi lainnya, agar kebutuhan gizi harian Anda tercukupi dengan baik.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News