HOME, Bugar

Selain Nikmat, Inilah Beberapa Manfaat Labu Siam yang Kaya Nutrisi

Selain Nikmat, Inilah Beberapa Manfaat Labu Siam yang Kaya Nutrisi

MOMSMONEY.ID - Labu siam kerap digunakan sebagai campuran sayur atau lalapan. Namun, siapa sangka manfaat labu siam bagi kesehatan juga sangat beragam.

Buah yang sering dianggap sayuran ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk melancarkan pencernaan hingga mencegah kanker, dikutip dari Mayo Clinic.

Mengutip USDA Food Composition Databases buah ini mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti serat, protein, karbohidrat kompleks, folat, serta beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, zat besi, dan fosfor.

Baca Juga: Waspada! Ini Ciri-Ciri Kanker Mulut Pada Anak

Selain kandungan nutrsi berikut, Inilah beberapa manfaat labu siam yang bisa Anda rasakan: 

1. Mengontrol gula darah

Labu siam adalah makanan rendah karbohidrat total dan tinggi serat larut, alhasil manfaat labu siam bisa membantu mengatur kadar gula darah.

Melansir jurnal yang diterbitkan Academy of Nutrition and Dietetics, disebutkan bahwa labu siam juga dapat meningkatkan kontrol gula darah dengan memengaruhi insulin (hormon yang mengatur kadar gula darah).

2. Melancarkan pencernaan

Labu siam adalah salah satu jenis buah yang kaya akan serat. Kandungan ini diketahui baik untuk menyehatkan saluran cerna karena dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di usus dan melancarkan buang air besar.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Makan labu siam dapat memengaruhi beberapa faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan aliran darah yang buruk.

Selain itu, mengutip U.S. National Library of Medicine, myricetin yang merupakan antioksidan utama dalam labu siam, juga telah terbukti menurunkan kolesterol dalam beberapa penelitian pada hewan.

Baca Juga: Kenali Manfaat dan kandungan Gizi Buah Bit yang Jarang Diketahui

4. Baik dikonsumsi saat masa kehamilan

Folat, atau vitamin B9, penting bagi semua orang. Namun, nutrisi ini sangat penting bagi mereka yang sedang hamil atau berencana untuk hamil. Selama awal kehamilan, folat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang.

Mengutip jurnal Reviews in Obstetrics and Gynecology, asupan folat yang cukup juga dapat berperan dalam mencegah kelahiran prematur. Ini menjadi manfaat labu siam selanjutnya.

5. Menurunkan kadar asam urat

Sumber makanan rendah purin dan tinggi serat, seperti labu siam, dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mencegah kambuhnya gejala penyakit asam urat. Oleh karena itu, labu siam baik dikonsumsi bagi penderita asam urat.

Itulah beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh. Meski menyehatkan, konsumsi labu siam saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat labu siam atau memiliki penyakit tertentu dan ragu mengonsumsi labu siam, konsultasikan ke dokter untuk memastikan keamanannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News