Selain Nikmat, Inilah 5 Manfaat Ikan Tuna untuk Tubuh

Reporter: Helvana Yulian
Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:04 WIB
Selain Nikmat, Inilah 5 Manfaat Ikan Tuna untuk Tubuh

ILUSTRASI. Fresh fish is displayed at the Global Seafood Exposition, in Brussels, Belgium, May 8, 2019. REUTERS/Eva Plevier

MOMSMONEY.ID - Ikan tuna termasuk ikan favorit karena mudah diolah, berdaging tebal, dan memiliki rasa yang gurih. Selain lezat, ternyata masih banyak yang belum tahu bahwa kandungan ikan tuna menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. 

Tuna dikenal dengan kandungan lemak, protein, dan asam lemak omega-3 yang tinggi Baik. Dikonsumsi dalam berbentuk segar maupun kalengan, ikan tuna memiliki banyak sekali kebaikan bagi tubuh Anda.

Berikut beberapa khasiat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi ikan tuna, dilansir dari Healthline.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Memperlancar Program Hamil

1. Menyehatkan mata

Lagi-lagi, manfaat ikan tuna yang satu ini didapatkan dari asam lemak omega-3 yang dikandungnya. Komponen yang satu ini, mampu mencegah terjadinya penyakit mata seperti degenerasi makula.

Selain itu, mengonsumsi ikan tuna juga bisa menurunkan risiko terjadinya kerusakan mata akibat diabetes atau diabetic retinopathy.

2. Berpotensi mencegah anemia

Tuna kaya akan vitamin B6, terlebih dari jenis yellowfin dan albacore. Vitamin B6 yang didapatkan dari ikan berdaging merah ini menyumbang berbagai fungsi penting untuk tubuh. Salah satunya membantu meningkatkan produksi hemoglobin. 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ikan tuna mengandung vitamin C dan berbagai mineral yang dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Selain itu, selenium dari ikan ini juga memiliki peran besar dalam melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang berisiko memicu timbulnya berbagai penyakit.

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Udang Secara Rutin Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak

4. Membantu mengatasi stres

Secara tidak langsung, ikan tuna juga memberikan manfaat bagi kondisi psikis Anda. Ini karena salah satu fungsi vitamin B6 yaitu menjaga fungsi sel otak dan sel saraf. Selain itu, vitamin B6 juga meningkatkan produksi hormon serotonin dan norepinefrin.

5. Mendukung tumbuh kembang anak

Protein memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Ikan tuna merupakan asupan yang bisa menjadi sumber protein yang baik bagi Si Kecil.

Komponen ini, bisa dibilang sebagai pondasi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sekaligus memberikan kemampuan penyembuhan luka dan penyakit secara lebih cepat bagi tubuh. 

Selanjutnya: Bahaya Di Balik Konsumsi Berlebihan Dosis Vitamin D

Editor: Helvana Yulian
Terbaru