Bugar

Selain Nikmat, Ini Sederet Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan Tubuh

Selain Nikmat, Ini Sederet Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet manfaat teh rosella untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda ketahui dan bisa rasakanan khasiatnya.

Rosella adalah salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti sirup, teh herbal, dan bahkan obat. 

Ada banyak manfaat  yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi rosella, terutama yang sudah diolah menjadi teh. Hal ini tentu tak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. 

Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam rosela, seperti karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, vitamin A dan vitamin C, dikutip dari Mayo Clinic.

Tak hanya itu, rosela juga mengandung beragam jenis antioksidan, seperti flavonoid, antosianin, dan polifenol. 

Selain itu, melansir dari Mayo Clinic, inilah sederet manfaat teh rosella untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Wajib Dicoba! Inilah 5 Makanan yang Bisa Mencegah Penyakit Katarak

1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat teh rosella untuk kesehatan tubuh yang pertama bisa membantu menurunkan tekanan darah. 

Journal of Nutrition menemukan, mengonsumsi teh rosella bisa menurunkan tekanan darah pada orang yang berisiko tekanan darah tinggi dan mereka yang memiliki tekanan darah agak tinggi. 

Partisipan penelitian mengonsumsi 3 porsi teh rosella atau minuman plasebo setiap hari selama 6 minggu. Mereka yang minum teh rosella mengalami penurunan tekanan darah sistolik yang signifikan. 

2. Mengatasi kolesterol tinggi

Manfaat teh rosella untuk kesehatan tubuh yang kedua bisa membantu mengatasi kolesterol tinggi. 

Rosela dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. 

Selain itu, rosela juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kombinasi manfaat ini membuat rosela baik dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes tipe 2. 

Baca Juga: Ternyata Bahaya, Ini Dampak Kekurangan Vitamin D untuk Kesehatan Tubuh

3. Mencegah risiko obesitas

Manfaat teh rosella untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah mencegah risiko diabetes. 

Tak hanya menangkal radikal bebas, kandungan antioksidannya juga mampu menghambat dan mengurangi penumpukan jaringan lemak dalam tubuh, sehingga dapat mencegah obesitas. 

4. Mengatasi kolesterol

Manfaat teh rosella untuk kesehatan tubuh yang lainnya adalah mengatasi kolesterol. 

Penelitian dalam International Scholarly Research Notices meneliti hasil kadar kolesterol orang yang mengonsumsi teh rosella versus teh hitam.  

Sembilan puluh orang dengan tekanan darah tinggi mengonsumsi teh rosella atau teh hitam 2 kali sehari selama 15 hari. 

Baca Juga: Daftar Obat Radang Tenggorokan di Apotek Tanpa Resep Dokter

5. Melancarkan menstruasi

Manfaat teh rosella untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah melancarkan menstruasi dan mengurangi gejala pramenstruasi.

Rosella rupanya juga dapat memengaruhi estrogen. Artinya, minum teh rosella bisa membantu siklus menstruasi yang sering terlambat atau tidak teratur. 

Tidak hanya untuk masalah jadwal, secangkir teh rosella juga dapat membantu mengatasi kram perut yang biasa terjadi pada hari-hari awal menstruasi 

Selain menawarkan berbagai manfaat di atas, rosela juga dipercaya bermanfaat untuk meredakan demam, mengobati gejala pilek, dan mengatasi sembelit. 

Meski demikian, masih diperlukan riset lebih lanjut untuk memastikan berbagai klaim manfaat rosela ini. 

Oleh karena itu, agar lebih aman, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi rosela, terutama jika Anda memiliki penyakit atau kondisi medis tertentu. 

Itulah sederet manfaat teh rosella untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda ketahui dan bisa rasakanan khasiatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News