Bugar

Selain Nikmat, Ini 5 Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan

Selain Nikmat, Ini 5 Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Ketan hitam mengandung kalori yang kira-kira sama dengan nasi putih. Hanya saja ketan hitam mengandung antioksidan antosianin yang tinggi. 

Ketan hitam mengandung polifenol antosianin dalam jumlah banyak yang memiliki manfaat antioksidan. Antosianin merupakan pigmen yang memberi warna ungu tua pada ketan hitam.

Zat pigmen tersebut juga ditemukan dalam bahan makanan yang memiliki warna merah, biru, atau ungu, seperti terong, blackberry, dan blueberi.

Baca Juga: Penuhi Karbohirat Tubuh dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Selain berbagai kandungan tersebut, seperti dilansir dari Health Focus, berikut ini adalah beberapa manfaat ketan hitam untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan, antara lain: 

Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat ketan hitam yang pertama bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut sebuah studi, tanaman antosianin berkaitan dengan faktor risiko penyakit jantung.

Mengonsumsi makanan kaya antosianin seperti ketan hitam, dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kemungkinan dapat mencegah tekanan darah tinggi. 

Detoksifikasi alami

Manfaat ketan hitam lainnya adalah sebagai detoksifikasi alami karena mengandung fitonutrien yang mampu membantu membersihkan tubuh dari penyakit yang menyebabkan racun.

Ketan hitam juga membantu organ hati menghilangkan zat yang tidak diinginkan melalui aktivitas antioksidannya.

Mengurangi peradangan

Manfaat ketan hitam yang ketiga adalah mengurangi peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan potensi antiinflamasi ketan hitam.

Ada penelitian yang membandingkan antosianin dalam dedak beras hitam dengan dedak beras merah. Ditemukan bahwa dedak beras hitam memiliki kadar antiinflamasi tertinggi.

Baca Juga: Ini Cara Menjaga Kesehatan Sperma agar Kualitasnya Tetap Tokcer

Membantu mencegah kanker

Manfaat ketan hitam yang keempat adalah membantu mencegah kanker. Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa fitokimia dalam ketan hitam mungkin memiliki manfaat antitumor.

Sementara itu studi in vitro menunjukkan bahwa beras ketan hitam menunjukkan aktivitas yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker. 

Menurunkan risiko diabetes

Manfaat ketan hitam yang terkahir bisa membantu menurunkan risiko diabetes. Karena kaya akan serat, ketan hitam juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko diabetes.

Sebab, serat mampu membantu glukosa dari biji-bijian untuk diserap oleh tubuh dalam jangka waktu yang lebih lama, sehingga menjaga kadar gula yang konsisten. 

Itulah beberapa manfaat ketan hitam yang perlu diketahu, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Jika ragu Anda bisa konsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News