ads

Selain Nikmat Buat Lalapan, Kemangi Juga Bisa Membantu Meredakan Stres

Reporter: Helvana Yulian
Senin, 13 September 2021 | 11:17 WIB
Selain Nikmat Buat Lalapan, Kemangi Juga Bisa Membantu Meredakan Stres

ILUSTRASI. Selain Nikmat untuk Lalapan, Kemangi Bermanfaat untuk Meredakan Stres


MOMSMONEY.ID - Tanaman kemangi sejatinya merupakan hasil persilangan antara basil biasa (Ocimum basilicum) dan basil amerika (Ocimum americanum). Kemangi memiliki aroma jeruk limau yang kuat, sehingga beberapa kalangan juga menyebutnya sebagai lemon basil.  

Daun kemangi juga sering dijadikan lalapan yang enak saat dipadukan dengan nasi hangat, ayam goreng yang renyah dan dicocolkan ke sambal pedas yang menggugah selera.  

Kandungan daun kemangi pun begitu beragam. Ada banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.  Kandungan antioksidan alami dalam daun kemangi dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan antara lain sebagai berikut ini. 

Baca Juga: Cegah Kanker Payudara dengan Mengetahui Penyebabnya

1. Mencegah demam berdarah

Seiring dengan kasus demam berdarah yang kian mewabah, ada salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan infeksi penyakit tersebut. 

Penelitian yang diterbitkan Journal of Agromedicine and Medical Sciences menunjukkan bahwa ekstrak daun ini bisa dijadikan sebagai insektisida dalam sediaan obat nyamuk bakar untuk mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD).  

2. Menjaga kesehatan hati

Sebuah studi Ayurvedic tahun 2015 menyimpulkan bahwa antioksidan dalam herbal bubuk yang termasuk daun kemangi, berdampak positif pada kesehatan hati.  

Para ilmuwan memberikan bubuk daun kemangi tersebut kepada tikus, setelah sebelumnya menggunakan racun untuk menyebabkan kerusakan hati. 

3. Membantu meredakan stres

Dari berbagai macam herbal yang digunakan dalam pengobatan tradisional, kemangi adalah salah satu yang paling banyak diakui khasiatnya.  

Banyak penelitian menemukan bahwa daun ini dapat membantu mengatasi stres fisik, metabolisme, hingga psikologis dengan kombinasi pengobatan yang diresepkan dokter. 

4. Melawan kanker

Ulasan Nutrition and Cancer pada 2013 mengamati apakah salah satu manfaat daun kemangi dapat mencegah kanker. Para penulis menyimpulkan bahwa fitokimia dalam daun kemangi ternyata dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru.  

5. Mencegah penuaan dini

Paparan radikal bebas berlebih, juga dapat menyebabkan penuaan dini. Oleh karena itu, khasiat daun kemangi berpotensi bagus untuk menghambat dampak buruk radikal bebas, juga berpotensi mencegah penuaan dini. 

Selain itu, kandungan daun kemangi bekerja sebagai antiinflamasi sehingga membantu mencegahtimbulnya jerawat. 

Baca Juga: Penyakit Aritmia: Penyebab, Gejala, dan Cara Pencegahannya

Manfaat daun kemangi dimakan mentah juga tidak bisa benar-benar menggantikan obat yang biasa digunakan, untuk mengatasi penyakit-penyakit yang disinggung di atas. 

Jadi, meski kandungan daun kemangi banyak yang menyehatkan, Anda sebaiknya tidak hanya bergantung pada tanaman ini apabila mengalami suatu gangguan kesehatan. Tetap periksakan diri ke dokter, untuk mendapatkan perawatan yang paling efektif dan sesuai.

Selanjutnya: Penyakit Demensia : Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER