Santai

Selain Mudah Marah, Ini Sederet Efek Samping Tubuh yang Kekurangan Kalori!

Selain Mudah Marah, Ini Sederet Efek Samping Tubuh yang Kekurangan Kalori!

MOMSMONEY.ID - Di musim pancaroba seperti saat ini, memperhatikan kondisi kesehatan tubuh tentunya menjadi hal yang perlu untuk dilakukan. Terutama dalam memperhatikan asupan makanan atau kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Kurangnya asupan kalori atau makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan tubuh menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Bikin Rambut Subur dan Kuat, Ini Sederet Manfaat Minyak Kemiri bagi Rambut!

Berikut ini adalah beberapa tanda yang perlu diperhatikan saat tubuh sedang kekurangan kalori.

Lemas

Kurangnya energi atau lemas menjadi salah satu sinyal yang diberikan tubuh karena kurangnya asupan kalori. Laman Health Line menjelaskan bahwa kurangnya asupan makanan pada tubuh dapat menyebabkan kelelahan dan lemas. Sehingga organ-organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik untuk melakukan kegiatan harian.

Mudah merasa lapar

Kurang makan atau kurangnya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga menyebabkan perubahan hormon yang membuat rasa lapar meningkat. Hal tersebut terjadi dikarenakan tubuh membutuhkan tenaga pengganti untuk menggantikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga tubuh akan lebih mudah menjadi lapar.

Baca Juga: Mau Punya Perut Six Pack? Coba 5 Gerakan Workout Ini

Mudah marah

Melansir dari laman Eating Well, nutrisi yang cukup diberikan ke dalam tubuh akan membantu tubuh menyalurkan senyawa kimia ke otak untuk merasakan perasaan senang. Sehingga saat tubuh kekurangan asupan kalori atau makanan, tubuh menjadi kekurangan senyawa tersebut. Hingga akhirnya mengakibatkan mood swing bahkan menjadi mudah marah. 

Rambut rontok

Kerontokan rambut juga bisa diakibatkan karena kurangnya kalori, protein, vitamin, dan mineral yang masuk ke dalam tubuh. Ketika tubuh dalam kondisi kurang makan, maka energi tersebut akan diberikan untuk bagian vital tubuh seperti jantung, otak, dan organ lainnya sebagai prioritas ketimbang bagian rambut.

Tidur tidak nyenyak

Mengurangi banyak asupan kalori ke dalam tubuh juga akan membuat susah tidur nyenyak di malam hari. Tubuh mengalami kesusahan untuk beristirahat dikarenakan tubuh masih sibuk untuk mencari dan memenuhi nutrisi yang kurang.

Sebagai tambahan, penting untuk mengetahui asupan kalori yang tepat bagi tubuh. Pastikan untuk melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengurangi jumlah asupan kalori, agar terhindar dari resiko-resiko tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News