Keluarga

Selain Minum Kopi, 5 Hal Ini Juga Bisa Mengusir Lelah dan Kantuk Saat Beraktivitas

Selain Minum Kopi, 5 Hal Ini Juga Bisa Mengusir Lelah dan Kantuk Saat Beraktivitas

MOMSMONEY.ID - Banyak orang yang mengandalkan kopi untuk mengusir lelah dan kantuk saat beraktivitas. Padahal, energi yang diberikan kafein bersifat semu dan bisa menurunkan kualitas tidur jika dikonsumsi pada sore atau malam hari.

Melansir laman Northwestern Medicine, seorang residen kedokteran keluarga bernama Anna Balabanova, MD, membagikan 5 hal yang bisa mengusir lelah dan kantuk saat beraktivitas.

Selengkapnya, berikut penjelasannya yang perlu Anda simak.

Baca Juga: Lakukan 4 Hal Ini Saat Anak Remaja Anda Patah Hati

1. Makan camilan

Avocado Avocado Yogurt Products made from avocado Food nutrition

Saat Anda sedang beraktivitas, pertimbangkanlah untuk makan camilan yang memiliki indeks gula rendah karena tidak akan menyebabkan penurunan energi secara tiba-tiba. Pilihlah camilan yang terdiri dari kombinasi karbohidrat, lemak, dan protein. Karbohidrat akan memberikan energi dengan cepat, sedangkan lemak dan protein akan membuat Anda kenyang sekaligus mencegah pembakaran energi terlalu cepat.

Anda bisa mencampurkan greek yogurt rendah lemak tanpa pemanis dengan granola tanpa pemanis atau apel dengan selai kacang.

Atau, perbanyak makan sayuran hijau karena kandungan seratnya yang tinggi bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil sekaligus membantu Anda menghindari penurunan energi.

2. Olahraga

Workout

Berolahraga bahkan sekadar berjalan cepat bisa menjadi cara yang bagus untuk mengembalikan energi.

Dengan berolahraga meskipun ringan, itu akan memberi tahu sel-sel Anda bahwa Anda membutuhkan lebih banyak energi dan tubuh Anda pun akan bangkit pada saat itu juga.

Olahraga juga akan memicu pelepasan zat kimia norepinephrine yang berkontribusi pada perasaan terjaga dan waspada.

3. Minum air putih

Minum Air Putih

Kelelahan adalah tanda umum dari dehidrasi. Jadi, pastikan untuk mengisi tubuh Anda dengan cairan sepanjang hari supaya Anda tidak dehidrasi.

Ada banyak rekomendasi tentang berapa banyak air yang harus diminum agar tubuh tetap terhidrasi.

Beberapa ahli merekomendasikan untuk minum 6-8 gelas air per hari, sementara yang lain merekomendasikan lebih atau kurang tergantung ukuran tubuh.

4. Lakukan power nap

Weighted blanket atau selimut berat

Dilansir dari Hello Sehat, power nap atau tidur siang singkat selama 20-30 menit bisa meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, kreativitas, serta level energi.

Oleh sebab itu, power nap patut Anda pertimbangkan untuk membantu mengembalikan semangat dalam beraktivitas.

Sebaliknya, hindari untuk tidur siang melebihi waktu tersebut karena akan membawa Anda ke fase tidur yang lebih dalam dan menyebabkan pening ketika bangun tidur.

5. Coba teknik pernapasan bellows breath

Meditasi

Teknik pernapasan yang awalnya digunakan dalam yoga ini akan merangsang diafragma dan memberi sinyal pada tubuh untuk meningkatkan kewaspadaan.

Sambil menjaga mulut tetap tertutup, tarik dan buang napas cepat melalui hidung.

Lakukan hal tersebut selama sekitar 10 detik lalu bernapaslah dengan normal kembali. Beri diri Anda istirahat dan ulangi teknik ini sebanyak beberapa kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News